Monkey Day Termasuk Salah Satunya

Sepuluh Fakta Menarik Tentang Desember

DESEMBER adalah bulan yang penuh dengan cinta, kema­nusiaan dan acara-acara pembe­rian banyak hadiah seperti Natal dan Tahun Baru. Desember juga menjadi bulan yang sangat ro­mantis.

Desember adalah bulan ke-12 dan bulan terakhir dalam kalender Julian dan Georgian dan satu dari tujuh bulan dengan panjang 31 hari. Desember dimulai pada hari yang sama minggu ini seperti September setiap tahun dan ter­akhir pada hari yang sama pada April setiap tahunnya.

Desember juga merupakan wak­tu siang terpendek di Belahan Bumi Utara dan waktu siang ter­lama di Be­lahan Bumi Selatan. Desember dibelahan bumi utara setara dengan Ju­ni di belahan bumi selatan dan se­baliknya. Berikut sepuluh fakta menarik tentang Desember dikutip dari laman wonderlist.com:

1. International Hug Day

 International Hug Day (Hari Pelu­kan Internasional) dimaksud­kan sebagai tindakan kebaikan tan­pa pamrih yang membuat orang lain merasa lebih baik. Hari Pe­lu­kan Internasional dirayakan pada 4 Desember. Berikan semua pelukan untuk ke­kasih Anda hari itu. Jika se­se­orang itu berada jauh disana, Be­rikan pelukan lewat email atau kirim­kan puisi pelukan dengan cara yang romantis.

2. Winter Flowers Day

Winter Flower Days (Hari Bu­nga Musim Dingin) bisa menjadi penghormatan pada bunga di halaman Anda atau kebun botani setempat. Karena Desember adalah bulan sangat romantis, Jadi buatlah sesuai keinginanmu. Kirimkan bu­ket bunga musim dingin yang indah (Tulip musim dingin adalah pilihan yang tepat).

3. Human Rights Day

Human Rights Day (Hari Hak Asasi Manusia) dirayakan setiap tahun diseluruh dunia pada 10 De­sember. Tanggal ini dipilih un­tuk menghormati proklamasi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bang­sa (PBB) yang jatuh pada 10 De­sem­ber 1948.

Dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR). Ucapan global tentang Hak Asasi Manu­sia. Juga salah satu prestasi besar per­tama Perserikatan Bangsa-Bangsa yang baru.

Pembentukan resmi Hari Hak Asasi Manusia berlangsung pada rapat Paripurna ke-31 Majelis Umum pada 4 Desember 1950, Ke­tika Majelis Umum mengu­mumkan re­solusi 423 (V) me­ngun­­dang se­mua negara anggota dan organisasi lain yang berke­pentingan untuk me­rayakan Hari Hak Asasi Manusia.

4. Monkey Day

Monkey Day adalah hari libur tidak resmi yang dirayakan secara in­ternasional pada 14 Desember se­tiap tahunnya. Monkey Day di­mulai sejak tahun 2000 ketika pen­diri Casey Sorrow dengan becanda me­nuliskan Monkey Day pada ka­len­der temannya.

Dan karena itu untuk pertama ka­linya dirayakan penduduk Lansing dan mahasiswa seni dari Mic­hi­gan State University dan mulai te­­nar ketika Casey Sorrow dan ko­mikus Erik Milikkin mem­pro­mo­sikanya secara online bersama de­ngan kartunis lainnya.

Sejak saat itu Monkey Day di­rayakan secara internasional di ne­gara- negara seperti di Amerika Se­­rikat (AS), Kanada, Jerman dan juga Inggris.

5. Winter Begins

Selanjutnya, Winter Begins di­mu­lai di belahan bumi utarapa­da 21 Desember. Rayakan awal musim dingin dengan naik kereta luncur atau menuju lereng sky. Idenya ber­senang-senang di musim dingin dengan romantis.

6. Forefather's Day

Forefather's Day adalah hari libur yang dirayakan di Plymouth Massachusetts pada 22 Desem­ber. Hal ini berdasarkan peri­ngatan pen­daratan Pilgrim Fa­thers di Plymouth Massachusetts pada 21 Desember 1620. dan diper­kenalkan di Plymouth pada 1769.

Menyesuaikan dengan pe­nang­galan Georgian, Ulang tahun terse­but menjadi 22 Desember, bukan 21 Desember. Forefather's Day ada­lah perayaan yang sangat terke­nal di Plymouth.

7. Human Light, Huma­nist Holiday

Human Light adalah hari libur Humanis yang dirayakan pada 23 Desember di Kwanzaa. Hu­man Light adalah sebuah pene­muan mo­dern yang diciptakan untuk mem­berikan perayaan Hu­manis yang khusus mendekati Hari Natal dan titik balik Mata­hari di utara Hemisphere.

Human Light dibentuk New Jer­sey Humanist Network pada 2001. Humanist telah mentran­smisikan Human Light sebagai perayaan visi humanis tentang masa depan yang lebih baik.

8. Christmas Evening

Christmas Evening atau Ma­lam Natal adalah perayaan ta­hunan yang dirayakan secara luas untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus.

Perayaan ini berlangsung pada 24 Desember di Gereja Kris­ten Ba­rat dan dianggap se­bagai salah satu perayaan paling penting secara kultural di dunia Kristen dan dunia barat. Dimana acara ini secara luas dianggap se­bagai liburan penuh atau par­sial menghadapi Hari Natal.

9. Christmas Day

Christmas Day atau Hari Natal adalah peringatan tahunan kela­hiran Yesus Kristus yang dirayakan pada 25 Desember se­tiap tahunnya oleh miliran orang Kristen di se­luruh dunia.

Natal adalah hari libur sipil di ba­nyak negara di dunia dan meru­pa­kan bagian intergral dari musim Natal dan liburan.

10. New Years Evening

Dalam Kalender Gregorian, Ma­lam Tahun Baru, hari terakhir tahun ini, adalah 31 Desember. Di banyak negara, Malam Tahun Baru dirayakan pada malam hari dimana banyak orang melakukan aktivitas me­nari, makan-makan, minum-mi­numan beralkohol, menonton atau menyalakan kem­bang api un­tuk menandai datang­nya tahun ya­ng baru. Perayaan ini umumnya ber­langsung tengah malam hingga men­jelang 1 Ja­nuari (Hari Tahun Baru). (wndlist/es)

()

Baca Juga

Rekomendasi