Tren Konsumsi Kopi Meningkat, Tebingtinggi Dinilai Cermat Tangkap Peluang

Analisadaily (Tebingtinggi) - Jika dahulu mengonsumsi kopi identik dengan minuman orang tua, kini kopi sudah menjadi minuman favorit banyak kalangan, termasuk para anak muda.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah saat membuka Acara Pos Simpul Koordinasi Festival Kopi dan Kuliner Nusantara Halal Food di Lapangan Sri Mersing Kota Tebingtinggi mengatakan, perubahan tren dalam mengkonsumsi kopi diharapkan bisa dimanfaatkan peluangnya oleh para pelaku usaha.

"Sekarangkan anak muda suka nongkrong di cafe-cafe kopi. Saya apresiasi sekali pemerintah dan masyarakat Tebingtinggi yang cermat menangkap peluang," kata Wagubsu Musa Rajekshah yang juga akrab disapa Ijeck, Sabtu (8/12).

Ijeck menyebut, meski Tebingtinggi tidak khas dengan perkebunan kopi, namun pelaksanaan Festival Kopi dan Kuliner Nusantara merupakan tindakan yang berani dan kreatif. Artinya melawan keterbatasan yang ada.

Selain itu, mengadakan event-event seperti ini juga dinilai akan menambah pemasukan daerah. Karena dapat menarik para pengunjung yang akan berdatangan dari luar daerah dan berpotensi melakukan aktivitas belanja.

"Nantinya akan meningkatkan pendapatan dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi," sebutnya.

Selain memicu pertumbuhan ekonomi, pelaksanaan event-event baik nasional maupun internasional yang terlaksana di Sumut, juga akan membantu promosi wisata Sumut secara keseluruhan.

"Kopi Sumatera sangat terkenal. Semoga ke depannya jangan orang asing lagi yang jadi pengekspor kopi kita," ucap Ijeck.

Wali Kota Tebingtinnggi, Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan, festival kopi dan kuliner nusantara merupakan yang pertama kali terlaksana di Tebingtinggi dan direncanakan akan ada setiap tahun.

Pelaksanaan event sebagai bentuk usaha mereka untuk wujudkan visi Tebingtinggi menjadi kota jasa dan perdagangan. Selain ini, ada banyak event lainnya yang dilaksanakan yaitu Tebingtinggi Expo, Cultural Night, Pawai dan Karnaval Budaya Indonesia, Tebingtinggi Agriculture Market.

"Dan yang terakhir Pameran Flora dan Fauna," ujarnya.

Festival Kopi dan Kuliner Nusantara Halal Food akan dilaksanakan sejak tanggal 8 sampai 9 Desember 2018.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi