Gempa Tektonik Guncang Dolok Sanggul dan Samosir

Analisadaily (Medan) - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4.4 SR mengguncang wilayah Doloksanggul dan Samosir sekitar pukul 08.17 WIB, Sabtu (24/2).

Dari data analisis Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempabumi berkekuatan M=4.4 dengan posisi episenter pada koordinat 2.34 LU dan 98.76 BT.

Tepatnya di darat pada jarak 10 km arah Timur laut Doloksanggul (32 km arah Barat daya Samosir) propinsi SUMUT pada kedalaman 16 km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Doloksanggul dan Kabupaten Samosir dengan intensitas gempa bumi I SIG-BMKG (I-II MMI).

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini berada pada Zona Sesar Sumatera, pada segmen patahan Renun.

Karakteristik sinyal gempabumi menunjukkan gempa bumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya, jenis gempabumi ini tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi.

Edison mengingatkan, masyarakat disekitar wilayah Doloksanggul Kabupaten Humbahas, maupun Kabupaten Samosir dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab.

“Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi dari BMKG," himbaunya.

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi