Talkshow Radio, Ijeck Beberkan Visi Sumut Bermartabat

Analisadaily (Medan) - Salah satu radio swasta di Kota Medan menggelar talkshow seri Pentas Pilkada dengan tema ‘Menelaah Visi Misi Cagub-Cawagubsu’. Nara sumber yang dihadirkan adalah Calon Wagubsu nomor urut 1, Musa Rajekshah.

Penyiar senior Iskandar Prapanca memandu program tersebut. Iskandar lebih banyak menyinggung makna Sumut Bermartabat kepada Musa Rajekshah.

“Bermartabat itu artinya kita punya harga diri. Harga diri Sumut harus dimulai dari rasa aman warganya, sejahtera hingga prestasi. Ini sesuai dengan visi Sumut Bermartabat,” kata Musa Rajekshah mengawali talk show, Senin (26/2).

Pria yang akrab disapa Ijeck tersebut menggarisbawahi, visi Sumut Bermartabat dibagi dalam lima poin. Yakni mengurangi angka pengangguran, memperbaiki dan perbaikan kualitas infrastruktur, sistem pendidikan yang cerdas, layanan kesehatan yang berkualitas, dan peningkatan daya saing masyarakat seperti kedaulatan pangan.

“Banyak harapan masyarakat soal lapangan kerja. Untuk itu pentingnya membentuk balai latihan kerja, program magang pekerja usia muda, meningkatkan entrepreneur, pengusaha muda. Tentu memerlukan bantuan modal yang akan kita siapkan,” sebut Ijeck.

Ijeck menandaskan diperlukan kerja sama lintas pihak terutama perguruan tinggi. “Ini penting, mengingat peran perguruan tinggi dalam mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.

Begitu juga soal infrastruktur. Saat ini kondisi infrastruktur di Sumut banyak dikeluhkan. “Infrastruktur jalan misalnya. Ini berdampak pada ekonomi publik. Misalnya buruknya jalan bisa menghambat warga dalam berdagang,” ucap Ijeck.

Khusus buruknya jalan yang berstatus jalan nasional, Ijeck menggarisbawahi perlunya lobi dan komunikasi intens dengan pemerintah pusat. “Masyarakat jangan dicekoki lagi dengan statement bahwa jalan nasional bukan tanggungjawab provinsi. Jangan. Apa gunanya ada pemerintah,” tegasnya.

“Yang dibutuhkan masyarakat itu adalah infrastruktur yang layak, bukan alasan-alasan. Di sinilah peran provinsi berkomunikasi dengan pusat,” tambahnya.

Dalam dialog on air, sejumlah penelepon menyampaikan harapan dan curhatnya kepada Ijeck. Di antaranya soal pertanian, birokrasi, perbaikan pelayanan kepada masyarakat, pemberantasan narkoba hingga program perumahan rakyat DP nol rupiah.

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi