Sepuluh Ikan Air Tawar Paling Berbahaya

BUKAN saja laut yang menjadi satu-satunya kawasan air yang dihuni berbagai macam mahkluk berbahaya, tetapi juga daerah air tawar memiliki peng­hungi yang tak kalah menakutkan dan berba­haya dengan yang ada di laut.

Daerah seperti danau, sungai, dan rawa-rawa, menjadi tempat ting­gal sejumlah hewan mena­kut­kan. Berikkut ikan-ikan mena­kut­kan dan berbahaya dari daerah per­airan tawar:

1. Candiru

Ikan air tawar yang sangat ber­bahaya ternyata adalah Can­diru. Bila dibandingkan soal ukuran, Candiru memiliki ukuran yang sangat kecil, hanya sekitar 40 cm ikan ini dapat tumbuh. Candiru ke­cil bisa dengan mudah masuk ke dalam lubang anus, vagina, dan lubang kencing.

Ikan Candiru adalah ikan pa­rasit, sekali mereka masuk ke salah satu lubang, entah itu anus, vagina atau salurang kencing, mereka akan tinggal di sana dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Ikan ini tak bisa dikeluarkan dengan cara normal, hanya melalui meja operasi ikan ini bisa dikeluar­kan. Ikan ini sangat tertarik dengan urin, karena itu, disarankan agar orang tidak kencing sembarangan.

2. Bull Shark

Jika Anda berpikir bahwa be­re­nang di perairan air tawar lebih aman dibanding di lautan karena ketiadaan ikan Hiu di air tawar, maka segera ubah pan­dangan ter­sebut demi kesela­matan Anda.

 Ada satu jenis ikan hiu yang diketahui bisa hidup baik itu di air asin atau di air tawar, hiu ter­sebut adalah Hiu Banteng atau Bull shark.

Anda tahu betapa mengeri­kannya Hiu Putih Besar, maka An­da juga harus waspada dengan Hiu Banteng. Hiu Banteng me­mang bukan termasuk ikan air tawar, tapi me­reka memiliki kemampuan untuk bisa berenang sampai ke per­airan air tawar. Sifat mereka yang agresif, Hiu Ban­teng, Hiu Macan, dan Hiu Putih Besar adalah tiga jenis hiu yang paling sering me­nye­rang manu­sia.

3. Piranha

Ikan ini sudah mendapatkan reputasinya sebagai ikan air ta­war yang sangat berbahaya. Ba­nyak dijumpai di perairan Ama­zon, ikan Piranha selalu mencari makanan secara berkelompok. Ini membuat ikan Piranha sema­kin berbahaya.

Ikan Piranha adalah ikan kar­ni­vor, mereka memakan daging dari hewan apapun yang berada dalam wilayah mereka. Meski ukuran mereka kecil, Piranha memiliki gigi kecil yang tajam.

Satu Piranha memang tak begitu menakutkan, tapi begitu mereka ber­kumpul, mereka bisa melahap he­wan besar sampai tak bersisa da­lam waktu yang singkat. Sudah ada ba­nyak film yang menceritakan betapa menakut­kannya ikan Piranha.

4. Belut Listrik

Tersengat listrik ketika bere­nang adalah hal yang paling tidak ingin terjadi pada siapapun. Mung­kinkah ada hewan yang bisa me­ngeluarkan listrik? Ada, dan itu adalah belut listrik. Bukan belut dalam artian sebenarnya, tapi belut listrik termasuk dalam Ikan knife.

Belut listrik banyak ditemukan di daerah Utara dari Amerika Sela­tan. Bentuk mereka mirip ular de­ngan mata dan pipi yang mem­bu­lat. Mereka bisa mencapai pan­jang hingga 2,4 meter, berat 19 kg, dan mampu mengeluarkan arus listrik sebesar 860 volt.

Kematian akibat sengatan belut listrik memang jarang terjadi, tapi jika Anda mengalami kelumpuhan di dalam air setelah tersengat, Anda bisa tewas karena tenggelam.

5. Goliath Tigerfish

Melihat wujud dari ikan ini, siapapun pasti sependapat bahwa ikan ini sangat menakutkan dan be­rbahaya. Goliath Tigerfish ada­lah nama ikan tersebut.

Nama Goliath adalah nama to­koh Alkitab yang memiliki karakter tinggi, besar, dan kuat. Karena ikan ini memiliki tubuh yang besar, panjang, serta gigi tajam, tak salah bila ikan ini dina­makan Goliath Tigerfish.

Ikan Goliath Tigerfish banyak ditemukan di Afrika. Jadi, ketika Anda ke Afrika,Anda tak hanya takut dengan singa dan buaya, tapi juga dengan ikan satu ini. Ikan Goliath Tigerfish adalah penghuni asli perairan tawar di Afrika.

Panjang mereka bisa men­capai 1,5 meter, dilengkapi de­ngan gigi tajam, dan sifat agresif. Tak lupa menambahkan bahwa ikan Goliath Tigerfish masih termasuk dalam taksonomi dengan piranha.

6. Alligator Gar

Memiliki ukuran 2/3 dari ukuran maksimal yang bisa dicapai oleh ali­gator dan bentuk mulut yang juga mirip, adalah hal yang wajar bila ikan ini dinama­kan Alligator Gar.

Jika Anda berada di perairan air tawar, ada baiknya Anda berhati-hati dengan ikan satu ini. Anda tidak akan mau berakhir di rumah sakit bila bertemu dengan Alligator Gar. Oleh para ahli, Alligator Gar dianggap sebagai fosil hidup. Ini dikarenakan karena Alligator Gar tergolong ikan primitif yang sudah ada sejak puluhan atau ratusan ta­hun yang lalu. Ikan asli di Ame­rika Serikat bagian Selatan, terutama di Drainese Mississippi. Rekor ikan Alligator Gar yang pernah ter­tang­kap adalah 2,4 meter dengan berat 158 kg.

7. Arapaima

Berpenampilan seperti ular, dan liar, Arapaima akan menjadi salah satu ikan yang tidak ingin Anda jumpa ketika sedang berada di air tawar.  Ikan predator ini tak hanya memangsa ikan tapi juga burung. Arapaima yang besar, bisa de­ngan mudah menangkap mangsa dan menyeretnya ke dalam air.

Sunagi, rawa-rawa, dan pe­rair­an dekat hutan adalah habitat ke­su­kaan Arapaima. Arapaiman di­perkirakan bisa tumbuh hingga panjang 2,7 meter, dengan berat hampir 200 kg.

 Arapaima dikenal tak agresif dengan manusia. Namun ada kasus dua kematian yang diseb­abkan oleh Arapaima, di Malay­sia.

8. Payara/Vampire Fish

Ikan Payara adalah vampirnya di dunia ikan. Maka dari itu, Payara disebut juga dengan Ikan Vampir. Ikan Payara banyak dite­mukan di perairan tawar di Amerika Selatan.

Yang menjadi ciri khas dari Pa­yara adalah, taring bawahnya yang panjang dan tajam. Bayang­kan jika gigi tersebut menancap di tubuh manusia, pasti sangat sakit.

Payara sangatlah licin, lincah, dan memiliki warna silver yang mencolok. Ikan Payara diketahui masih memiliki hubungan sau­dara dengan ikan Piranha dari perairan Amazon.

Bila mulut ikan ini tertutup, me­reka terlihat seperti ikan nor­mal, mirip dengan Salmon. Ikan Payara bisa tumbuh hingga 45 cm, tak terlalu besar, tapi gigi ikan ini bisa dengan mudah menembus da­ging mangsanya.

9. Goonch Catfish

Berada di perairan tropis, tak cu­kup Anda waspada dengan ikan hiu. Ada ikan yang tak kalah ber­bahaya dari hiu, dan ikan tersebut adalah ikan Goonch catfish atau Lele Goonch.

Tak seperti ikan lele pada umum­nya yang kecil, Lele Goonch ber­ukuran sangat besar, hidup di perai­ran tawar dan sangat berbahaya la­­yaknya ikan hiu. Lele Goonch me­mang ter­golong ikan yang pe­ma­las, tapi mereka adalah predator.

Lele Goonch yang besar banyak ditemukan di Asia Sela­tan. Dengan panjang mencapai 1,8 meter, Lele Goonch bisa mencapai berat hingga 90 kg. Sebagai predator, Lele Goonch memiliki gigi tajam dan rahang kuat.

10. Muskellunge

Ada beberapa jenis ikan pike yang hidup di Bumi. Salah satunya yang pastinya pernah kita dengar adalah Barracuda.

Jarang ada yang kenal dengan ikan bernama Muskellunge atau Mus­kie. Masih memiliki kerabat dengan Barracuda, Muskellunge atau Muski adalah monster air tawar yang tak bisa dianggap se­pele. Mus­kellunge bisa tumbuh men­capai 1,8 meter dengan berat 21 kg. Ikan ini memiliki penam­pilan dan sifat yang persis seperti Barracuda, dimana me­reka besar, panjang, ber­gigi ta­jam, dan tentu saja kuat. (tpc/ttc/lac/es)

()

Baca Juga

Rekomendasi