Eko Subowo Puji Wisata Bawomataluo Nias Selatan

Analisadaily (Nias Selatan) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Eko Subowo memuji keindahan dan kekayaan Nias di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) saat berkunjung ke Desa wisata Bawomataluo, Kecamatan Fanayama. Selain cagar budaya, juga disebutkan lompat batu bisa jadi cikal bakal target emas di event olahraga PON.

"Ternyata rumah adat di Nias Selatan ini merupakan cagar budaya. Nanti akan kita sampaikan ke Pemerintah pusat, Kementerian Pariwisata. Seperti kita saksikan, ini budaya luar biasa yang tidak ada duanya, sangat unik. Ini warisan budaya yang sudah sangat tua," kata Eko saat meninjau desa dan rumah adat di Bawomataluo, Jumat (24/8).

Hadir diantaranya Anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Bupati Nisel, Hilarius Duha, pimpinan OPD dan Forkopimda Nisel. Turut mendampingi Pj Gubsu, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Pemprovsu, Abdul Haris Lubis, Kabag Humas Setdaprovsu, Indah DK, dan sejumlah pejabat.

"Termasuk atraksi lompat batu atau ombo batu juga luar biasa. Dikombinasikan antara potensi alam yang budaya yang kuat, ini menjadi potensi wisata dan bisa kita kembangkan ke depan. Mudah-mudahan Nias Selatan sebagai destinasi wisata akan semakin berkembang dan maju, membawa kesejahteraan bagi masyarakat setempat khususnya, Sumut dan Indonesia pada umumnya," jelas Eko.

Untuk potensi wisata, Pj Gubsu mengatakan, faktor pendukungnya seperti infrastruktur konektivitas sangat diperlukan, dan perlu ditingkatkan, serta dikembangkan. Sebab betapapun indahnya potensi alam, jika sulit dijangkau maka akan sulit berkembang.

"Potensi budaya dan keindahan alam yang tentunya sudah ada. Keramahtamahan masyarakat, kuliner yang harus enak, tidur nyenyak, nyaman dan sebagainya. Plus souvenir kecil, home industri yang sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat dan bisa jadi kenang-kenangan wisatawan," sebut Eko.

Selain potensi wisata, Eko juga melihat lompat batu atau Ombo Batu dalam bahasa Nias, merupakan cikal bakal bagi pembinaan atlet untuk cabang Lompat Tinggi dan Lompat Galah. Menurutnya, kemampuan melompat masyarakat, khususnya di Bawomataluo adalah potensi lahirnya olahragawan dari Sumut.

"Dengan Ombo Batu ini, lompat tinggi dan lompat galah bisa kita targetkan untuk PON 2024 bisa meraih emas dari Sumut. Jadi enam tahun ini harus kita siapkan atlet dari sini," sebutnya.

Usai menyaksikan lompat batu, Eko Subowo mengajak lima pelompat untuk ikut menonton Asian Games di Jakarta dalam waktu dekat.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi