Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia

Promosikan Kebudayaan Jepang pada Warga Medan

Medan, (Analisa). Konsulat Jenderal Jepang di Me­dan bersama Medan Japan Club menggelar acara peringatan 60 ta­hun hubungan diplomatik Jepang - Indonesia, Sabtu-Minggu (4-5/8) di Medan Club, Jalan Kartini, Me­dan. Kegiatan itu juga sebagai wadah pro­mosikan kebudayaan Jepang bagi masyarakat luas khu­susnya ma­syarakat Kota Medan.

Pelaksanaan kegiatan juga beker­ja sama dengan AOTS Alumni So­ciety Indonesia (ASI) Wilayah Su­matera, PERSADA Sumut, Yayas­an Warga Persahabatan (YWP) ca­bang Medan, Universitas Harapan (UN­HAR) dan Universitas Suma­tera Utara

Acara diawali dengan pembuka­an yang dihadiri Walikota Medan, Bapak T Dzulmi Eldin, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Noval Mahyar, Wa­likota Tebingtinggi Umar Zunai­di, Ketua AOTS Sumut Khairul Mahalli dan tamu lainnya.

Dilanjutkan dengan seminar yang mengangkat topik "Penguatan Ke­mitraan Regional Jepang dan Indo­nesia Menuju Penciptaan Eco-Society di Wilayah Medan" dengan narasumber Konsul Jenderal Jepang di Medan Takeshi Ishii, Walikota Toyohashi, Jepang, Koichi Sahara, Ketua Komite II DPD-RI Parlin­du­ngan Purba, Wakil Rektor IV USU, Bustami Syam dan Ketua Program Studi Bahasa Jepang Universitas Harapan, Muhammad Pujiono.

Selain seminar, juga digelar acara promosi kebudayaan Jepang seperti Shodo (kaligrafi ala Jepang), Sado (upacara minum teh), Furoshiki Wrapping, dan juga ditampilkan pertunjukan seperti tari Yosakoi, karate dan lainnya.

Pada hari kedua, dilaksanakan ber­bagai perlombaan, demonstrasi pem­buatan kue mochi (Mochitsuki) dan acara lainnya setelah itu ditutup dengan menari bersama. "Dengan adanya acara atau kegiatan seperti ini, diharapkan ke depannya hubu­ngan Jepang - Indonesia akan sema­kin erat lagi dalam berbagai bidang," ujar Takeshi Ishii. (rel/amal)

()

Baca Juga

Rekomendasi