Gubsu: 5 Program Prioritas Untuk Wujudkan Sumut Bermartabat

Analisadaily (Medan) - Untuk masyarakat Sumatera Utara yang bermartabat, Edy Rahmayadi mengatakan ada lima program prioritas yang telah dirumuskan untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Hal ini disampaikan Edy dalam Rapat Paripurna DPRD Sumatera Utara tentang Penyampaian Pidato Sambutan Gubernur Sumut Masa Jabatan 2018-2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin (10/9).

Penyampaian pidato sambutan gubernur dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor SE/162/3484/OTDA tanggal 19 Mei 2017. Surat itu mengamanatkan bahwa pasca pelantikan, gubernur menyampaikan pidato pada sidang paripurna DPRD.

"Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan DPRD yang telah memberikan kesempatan kepada kami," ujar Edy didampingi Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah.

Edy juga menyampaikan lima program prioritas yang telah dirumuskan, yakni pengurangan angka pengangguran dengan memprioritaskan ketatatenagakerjaan, pendidikan yang mencerdaskan, pembangunan infrastruktur yang cukup untuk mendukung kenyamanan masyarakat dan penyediaan layanan kesehatan yang mutakhir.

"Serta yang kelima, peningkatan daya saing masyarakat dengan memprioritaskan Sumut kembali pada sektor agraris. Melalui peningkatan daya saing masyarakat ini, kita akan mewujudkan masyarakat Sumut yang berpenghasilan cukup, ketersediaan bahan pangan dan terjangkaunya harga barang bagi masyarakat," ungkap Edy.

Edy menegaskan bahwa diperlukannya kemitraan bersama antara tiga pilar untuk mencapai kelima program prioritas dan mewujudkan Sumut Bermartabat. Ketiga pilar itu adalah pemerintah, swasta dan masyarakat.

"Kemitraan strategis inilah yang akan kita jalankan ke depan untuk melaksanakan amanat Presiden pada kami saat pelantikan, yaitu mengejar ketertinggalan pembangunan di Sumut," pungkas Edy.

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi