PWI Sumut Harapkan Caketum PWI Pusat Bisa Bersinergi Dengan Semua Pihak

Analisadaily (Medan) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara menaruh harapan besar dalam Kongres PWI XXIV di Solo, 27-30 September 2018.

PWI Sumut menginginkan kongres menghasilkan figur ketua umum berkualitas dengan didukung jajaran pengurus yang berkomitmen membawa organisasi profesi terbesar dan tertua di Indonesia ini ke arah yang lebih baik.

"Kita pengurus PWI telah membahas proyeksi sosok kepemimpinan PWI Pusat ke depan dari sejumlah nama-nama atau kader terbaik yang muncul sebagai calon ketua umum (caketum) menjelang Kongres Solo.

"PWI Sumut berharap caketum berkualitas dan bisa bisinergi dengan semua pihak,"  kata Ketua PWI Sumut H. Hermansyah, didampingi Sekretaris Edward Thahir dan Wakil Ketua Bidang Organisasi, Khairul Muslim, Senin (23/9).

Dikatakan Hermansjah, PWI Sumut tetap berkomitmen agar kongres bisa berjalan sukses berjalan demokratis tanpa intervensi.

"Marilah kita cari figur  yang berkualitas, intelektualitas, pluralis, menjadi panutan dan mempunyai visi jauh ke depan guna mewujudkan, memberdayakan dan mengembalikan trah pers yang profesional, kompeten, konsisten bertanggung jawab untuk publik," tegas Hermansjah.

"Karena itu delegasi PWI Sumut akan memperjuangkan sosok ketua umum pada figur yang memiliki kualifikasi tersebut, kapasitas dan integritas yang tidak diragukan, terlebih-lebih didukung kuat arus bawah yakni, PWI provinsi se Indonesia," ujarnya

Selain itu Hermansjah menekankan,  calon ketua umum mesti berani mengambil sikap tegas, istiqomah. Komitmen tinggi seperti ini sangat penting untuk menempatkan eksistensi organisasi PWI yang bermartabat, mengingat Indonesia menghadapi tantangan dalam upaya penguatan jati dirinya, termasuk PWI sebagai salah satu elemen bangsa sebagai penjaga integrasi bangsa dan NKRI.

Sampai saat ini setidaknya sudah muncul empat kandidat caketum yakni Atal S. Depari (Ketua Bidang Daerah PWI Pusat, asal media dari Harian Suara Karya), Hendry CH.  Bangun (Sekjen PWI Pusat,  asal Media Harian Kompas), Sasongko Sutedjo (Wakil Ketua Bidang Organisasi, Suara Merdeka Semarang) dan Ahmad Munir (Ketua PWI Jawa Timur, asal Media Direktur LKBN Antara Pusat).

PWI Sumut yang punya 520 anggota dalam kongres nanti memiliki 5 hak suara. Dari 32 provinsi, Sumut memiliki suara terbanyak setelah Jawa Barat yang memiliki 600 anggota dengan 6 hak suara.

Delegasi PWI Sumut terdiri dari 10 orang dipimpin Ketua PWI Sumut Hermansjah dijadwalkan berangkat ke Solo, Jawa Tengah, Selasa (25/9) siang.

Hermansjah turut didampingi Sekretaris Edward Thahir, Dewan Kehormatan H. Baharuddin, Wakil Ketua Khairul Muslim, Rizal R.Surya, Wakil Sekretaris Rifki Warisan, Bendahara Zul Anwar Marbun dan tokoh pers Sumut HM. Yazid.  

(HERS)

Baca Juga

Rekomendasi