Hadapi Liverpool di Liga Inggris

Brighton Siap Berikan Ujian Berat

brighton-siap-berikan-ujian-berat

London, (Analisa). Pada lanjutan Premier Lea­gue Inggris pemimpin klase­men Li­verpool akan bertan­dang ke AMEX Stadium untuk berhada­pan dengan peringkat 13 Brigh­ton & Hove Albion, Sab­tu (12/1) pukul 22.00 WIB.

Diharapkan Liverpool perlu menemukan kembali performa terbaik dan ketaja­man­nya.

Liverpool baru saja menelan dua kekala­han beruntun di se­mua ajang. Setelah ditekuk Man­­chester City 1-2, yang mem­buat keunggulan tujuh poin mereka me­nyusut jadi empat, Liverpool kalah dengan skor yang sama saat mengha­dapi Wolver­hamp­ton di putaran ketiga FA Cup dan tersingkir dari kejuaraan.

Dua kekalahan itu membuat kemena­ngan impresif atas Man­chester United dan Arsenal son­tak terlupakan. Bagi Liver­pool, ini tak boleh dibiarkan.

Pasukan Jurgen Klopp tentu tak mau terpeleset lagi. Namun laga tandang kontra Brighton bisa menjadi laga yang cukup sulit. Terlebih lagi, Liverpool sedang krisis bek sentral. Tanpa Dejan Lovren, Joe Gomez dan Joel Matip yang cedera, Jurgen Klopp kemungkinan bakal me­masang Fabinho sebagai bek sentral dadakan.

Brighton tak mudah dikalah­kan di kandang. Dari 26 poin yang telah mereka kumpulkan hingga pekan ke-21, 18 poin di antaranya didapatkan dari laga-laga kandang.

Brighton pun sedang berada dalam form yang cukup men­jan­­jikan. Setelah melalui tiga laga Premier League tanpa tersentuh kekalahan, Brighton menekuk Bourne­mouth 3-1 di FA Cup.

Pada pertemuan pertama di Premier League musim ini, pada matchweek 3, Liverpool ha­nya menang tipis 1-0 atas Brigh­ton di Anfield lewat gol tunggal Mohamed Salah.

Salah, yang tanpa gol mau­pun assist dalam dua penam­pilan terakhir, tentu diharapkan bisa menemukan kembali sentuhan terbaiknya. Dia tetap merupakan salah satu tumpuan utama Liver­pool untuk coba meraih kemena­ngan.

Selain produktivitas gol, Li­verpool juga perlu memper­baiki pertahanan mereka. Me­nghadapi Brighton yang memi­liki pemain-pemain ta­jam dan kreatif seperti Glenn Murray serta Solly March, lini bela­kang Liverpool harus berkon­sentrasi penuh sepan­jang laga.

Jika tidak, mereka bisa bera­da dalam bahaya besar.

Brighton tergolong kuat di kandang sendiri. Brighton baru kalah dua kali dalam sepuluh laga kandang yang sudah me­re­ka mainkan di Premier Lea­gue mu­sim ini (M5 S3 K2).

Manajer Chris Hughton me­nyatakan Brighton siap membe­rikan ujian berat buat Liverpool, yang ingin segera kembali ke jalur kemenangan.

Liverpool sudah tersingkir dari FA Cup. Sekarang, mereka harus kembali fokus penuh ke liga jika tak mau keunggulan empat poin atas Manchester City semakin terpangkas.

Pasukan Chris Hughton a­kan datang ke pertandingan ini de­ngan percaya diri yang tinggi setelah menang 3-1 atas rival se­sama Premier League, Bour­nemouth, akhir pekan lalu pada laga Piala FA mereka. Anthony Knockaert, Yves Bissouma dan Florin Andone berada di papan skor untuk membantu tim mere­ka lolos ke putaran keempat kom­petisi itu. (Rtr/AFP/js)

()

Baca Juga

Rekomendasi