Polisi Kawal Debat Capres Tanpa Senjata

polisi-kawal-debat-capres-tanpa-senjata

Jakarta, (Analisa). Polda Metro Jaya mengatakan pihaknya mengawal debat calon presiden perdana di Hotel Bidakara, Ja­karta, Kamis (17/1) tanpa persenjataan lengkap.

“Enggak ada,” kata Kepala Bidang Hubungan Ma­syarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Jakarta, Rabu, saat ditanya mengenai kemungkinan personel dipersenjatai saat debat capres. Disampai­kannya, Polda Metro Jaya juga tidak menyiapkan pe­n­em­bak jitu untuk mengawal debat capres yang dise­lenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu.

Walau demikian, jelasnya, penjagaan debat capres dibuat hingga empat lapis. Ring pertama berada dalam ruangan debat, dan pengamanannya dipimpin langsung Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Di luar ruangan, ring dua, kepolisian dan TNI yang akan berjaga,” terangnya. Sementara, pengamanan ring tiga berada di luar Hotel dan Kompleks Perkantoran Bi­da­kara. Terakhir, pengamanan ring empat ditem­patkan di luar lokasi debat. “Pengamanan ring empat dikawal dari jajaran Direktorat Lalu Lintas dan Sabhara,” tambahnya.

Argo menyebut, Polda Metro Jaya berencana me­nge­rahkan hampir dua ribu personel untuk mengawal debat capres pertama yang bertajuk “Hukum, HAM, dan Terorisme”. Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi