Setelah Sepekan Unjuk Rasa

Irak Nikmati Suasana Malam Lebih Tenang

irak-nikmati-suasana-malam-lebih-tenang

Baghdad, (Analisa). Irak menikmati suasana malam pa­ling tenang sejak aksi unjuk rasa antipemerintah meletus lebih sepekan lalu terkait kasus korupsi dan pengang­guran.

Sedikitnya 110 orang tewas dan le­bih 6.000 lagi cidera di ibukota Bagh­dad dan selatan, sejak pasu­kan ke­amanan mulai menumpas demonstran.

Sebagian besar kerusuhan terjadi pada malam hari, tapi Rabu (9/10) pagi tidak ada laporan tindak kekera­san serius semalam.

Pemerintah Irak mengeluarkan paket kedua pembaruan sosial yang di­usulkan Selasa dalam upaya me­me­nuhi tuntutan pemrotes antipemerintah yang berdemon­strasi di seluruh negeri itu .

Pemrotes yang menuntut pem­bubaran pemerintah dan kelompok politik yang mereka pandang sebagai korup telah bentrok dengan pasukan ke­amanan Irak, terutama di Ibu Kota Irak, Baghdad, dan di Irak Selatan.

Rencana 13-poin pada Selasa yang dikeluarkan Perdana Menteri Adel Abdul-Mahdi berpusat pada subsidi dan perumahan buat orang miskin, serta gagasan pendidikan dan pelatihan buat pemuda pe­ngang­guran.

Setelah pertemuan kabinet, perdana menteri tersebut me­ngunggah paket pem­baruannya di media sosial, walau­pun keba­nyakan orang Irak telah terputus dari internet dan media sosial selama beberapa hari.

Protes berlanjut pada Senin malam (7/10) di kabupaten Kota Sadr di Baghdad, dan seorang petugas ke­aman­an tewas, walau­pun sebagian be­sar wilayah Irak lebih tenang diban­dingkan kon­disinya selama satu pekan, semen­tara politisi mencari jalan untuk mengakhiri aksi perlawanan.

Pasukan keamanan Irak mulai me­nangkap pemrotes setelah malam turun pada Selasa (8/10) di beberapa bagian timur dan barat-laut Baghdad, kata beberapa sumber polisi kepada Reuters pada Rabu.

Polisi menyiarkan gambar pemro­tes belum lama ini untuk mengiden­tifi­kasi dan menangkap mereka. Ko­misi tinggi setengah resmi Irak urusan hak asasi manusia mengatakan seba­nyak 500 orang telah dibebaskan dari 800 orang yang ditahan pekan lalu. (Rtr/es)

()

Baca Juga

Rekomendasi