SRC Peduli Berkah Bersama

Perputaran Transaksi UKM SRC Rp7,2 Miliar

perputaran-transaksi-ukm-src-rp7-2-miliar

Lubukpakam, (Analisa). Perputaran uang yang beredar dari transaksi usaha kecil menengah (UKM) tergabung dalam Sempoerna Retail Community (SRC) kurun waktu 3 bulan terakhir mencapai Rp 7,2 miliar. Angka tersebut berasal dari perputaran ekonomi dihimpun dari 1.232 pelaku UKM lewat program “Yuk Belanja ke SRC” (YBKS).

Hal itu dikatakan Ketua Program YBKS Medan 2 Rismayani dalam kegiatan SRC Peduli Berkah Bersama di lapangan segitiga Tengku Raja Muda, Kota Lubukpakam, turut diha­diri Bupati Deliserdang Ashari Tambu­nan diwakili Asisten II dr Aida Harahap Mars, Sabtu (12/10).

Fakta itu menjadi indikator dampak sangat positif bagi perekonomian masyarakat setempat sejalan dengan misi Pemerintah Indonesia bahwa UKM merupakan garda terdepan membangun perekonomian. Program YBKS yang dijalankan mampu meng­himpun dan menghidupkan sebanyal 1.232 UKM dan sebanyak 700 UKM atau 57 persen berada di Kabupaten Deliserdang.

Rismayani menuturkan, para pelaku UKM dalam wadah SRC terbentuk mengusung slogan “Dekat, Hemat, Bersahabat” bersatu dan bergerak mem­­buat ajakan untuk  berbelanja de­kat rumah dengan tujuan meng­hi­dupkan UKM.

Di era digital, terangnya, perusahaan raksasa perekonomian sedang gencar memperluas dan menancapkan jari­ngan bisnis mulai dari tingkat nasional bahkan sampai pedesaan.  Fenomena tersebut tidak bisa dibendung dalam dunia bisnis.

“Namun hal ini harus kita sikapi dan kita ikuti dengan cara-cara kearifan lokal sehingga pelaku-pelaku bisnis menengah yang ada di tingkat kecama­tan bahkan tingkat desa sekali pun da­pat bersaing dengan perusahaan-pe­ru­sahaan modern tersebut,” ungkapnya  

Apresiasi

Bupati Deliserdang Ashari Tambu­nan diwakili Asisten II Aida Harahap mengapreasi kegiatan sosial kemasya-rakatan bertajuk “SRC Peduli Berkah Bersama” itu. Pasalnya, selain mening­katkan daya saing UKM mela­lui produk yang ditawarkan, juga mem­berikan kesempatan menunjuk­kan produk-produk inovatif mereka.

Pemkab Deliserdang juga meng­apre­siasi bantuan tong sampah dan pohon yang disalurkan UKM SRC Me­dan 2 sebagai bentuk komitmen pe­duli terhadap lingkungan. Fakta ini kerap ditemukan banyak tumpukan sampah di sekitar masyarakat yang belum ter­kelola dengan baik meski berbagai upa­ya telah dilakukan dengan penye­diaan fasilitas.

“Tentunya tidak akan memberikan makna untuk mengatasi masalah sam­pah apa bila kita tidak merubah paradig­ma dari cara pelanggan kita bahwa sam­pah akan memiliki nilai guna dan manfaat apa bila dikelola dengan baik dan benar, ” ucapnya.

SRC Peduli Berkah Bersama turut menghibahkan 20 tong sampah dan pohon diserahkan Rismayani didampi­ngi Sekretaris Eka Satria dan Benda­hara Suriati diterima Asisten II dr Aida Harahap didampingi Sekretaris Camat Lubukpakam Fitriyan Syukri.

Kegiatan ini juga diiringi undian ha­diah utama untuk konsumen yang sela­ma ini berbelanja kepada pelaku UKM SRC lewat aplikasi digital di­danai swadaya dari pelaku UKM SRC sendiri dengan hadiah utama 1 unit sepeda motor. Saat pengundian, pemi­lik SRC Restu Ibu Kampung­kolam, Ban­darsetia, Kecamatan Percut Sei­tuan, Siti Khodijah berhasil merebut hadian utama. (ak)

()

Baca Juga

Rekomendasi