Saudi Setujui Penambahan Militer AS

saudi-setujui-penambahan-militer-as

Riyadh (Analisa). Raja dan putera mahkota Arab Saudi telah menyetujui penempatan pasukan dan peralatan tambahan dari militer Amerika Serikat AS), demikian dilaporkan kantor berita SPA, Minggu (12/10).

Persetujuan itu terungkap setelah sarana-sarana minyak kerajaan tersebut mengalami serangan pada September.

AS telah mengumumkan akan menem­patkan sekitar 3.000 personel pasukan ke negara Teluk itu, termasuk skuadron tempur, sayap ekspedisi udara serta personel per­tahanan udara. Pengumuman AS itu muncul di tengah ketegangan yang meningkat dengan musuh bebuyutan Saudi, Iran.

Presiden Donald Trump sebelumnya mengungkapkan bahwa Saudi sudah setuju untuk membayar keberadaan militer AS tersebut.

Laporan SPA menyebutkan keberadaan militer AS tersebut hanya dimungkinkan dalam kerangka "hubungan bersejarah dan kemitraan yang sudah terjalin dengan baik" antara kedua negara.

Sebelumnyam Trump telah  menunjuk seorang mantan jenderal Angkatan Darat sebagai duta besar untuk Arab Saudi.

Gedung Putih mengatakan Trump telah memilih John Abizaid, jenderal bintang empat Angkatan Darat yang memimpin Komando Pusat AS selama Perang Irak, sebagai duta besar Washington di Riyadh. Abizaid harus terlebih dahulu dikukuhan Senat AS untuk resmi menjabat sebagai duta besar.

Sejak Trump mulai menjabat sebagai presiden pada Januari 2017, Amerika Serikat belum mempunyai duta besar untuk Arab Saudi. (Ant/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi