Lions Club Operasi 88 Penderita Katarak

lions-club-operasi-88-penderita-katarak

Pekanbaru, (Analisa). Lions Club (LC) Pekan­baru Distrik 307 A2 bekerja­sama dengan Rumah Sakit (RS) Prima dan Pusat Pela­ya­nan Masyarakat Lions Indonesia (PPMLI) Medan menga­dakan kegiatan bakti sosial (baksos) operasi ka­tarak gratis.

Jumlah pasien yang men­daftar tercatat 88 warga yang sebagian besar berasal dari keluarga kurang mampu.

Operasi tersebut ber­langsung di ruang operasi RS Prima, Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru, Ming­gu (20/10).

Ketua Panitia Operasi Katarak Lions Club 307 A2 Pekanbaru Kamin kepada Analisa menjelaskan, baksos ini  merupakan agenda rutin.

Disebutkannya, tahun lalu ada sebanyak 109 calon pa­sien yang mendaftarkan diri untuk menjalani proses ope­rasi mata katarak. Namun se­telah diadakan scan dan cek kesehatan awal, hanya 69 pasien yang memenuhi persyaratan medis untuk dilakukan operasi.

“'Hari ini ada 88 calon pasien yang akan menjalani operasi mata buta katarak. Na­mun belum tahu berapa orang nantinya yang meme­nuhi persyaratan medis untuk dioperasi, kata Kamin.

Kamin yang merupakan Ketua Pagu­yuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Pekanbaru menambahkan, sebelum acara puncak baksos operasi mata buta Katarak, pihak Lions Club 307 A2 juga mengadakna rangkaian ke­gia­tan lain­nya, berupa donor darah, lomba lukis perdamaian ''peace poster" serta Bazar Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dipusatkan di Mall Ciputra Seraya, Jalan Riau, Pekan­baru.

Seperti diketahui Lions Club Distrik 307 A2 mem­bawahi daerah pengabdian di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Barat.

Walikota Pekanbaru yang diwakili Azwan, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru sangat men­du­kung kegiatan baksos yang diadakan Distrik Lions Club 307 A2.

Diakuinya, Lions Club memang acapkali meng­ada­kan kegiatan sosial yang berdam­pak langsung dengan masyarakat banyak, ter­utama warga yang kurang mampu.

“Sepanjang saya bertugas di Pemko, setiap tahun yang saya ingat, Lions Club sering memberikan paket Lebaran untuk ribuan tenaga kebersihan di Kota Pekan­baru. Ketika saya bertugas di Batam (Provinsi Riau Kepulauan, red), saya juga diundang ke kegiatan baksos Lions Club,'' tutur­nya.

Sementara Direktur Uta­ma RS Prima Pekanbaru, Dr Irana Oktavia MKes menambahkan dari 88 pa­sien yang menjalani operasi katarak secara gratis kali ini terdapat seorang bayi berusia tiga bulan.

Saat ini tim medis rumah sakit yang dia pimpin masih melakukan cek kesehatan dan medis apakah pasien ber­sang­kutan bisa dioperasi hari ini juga. (dw)

()

Baca Juga

Rekomendasi