Pilkada Medan 2020 Diharapkan Berlangsung Aman dan Lancar

pilkada-medan-2020-diharapkan-berlangsung-aman-dan-lancar

Analisadaily (Medan) - Pemko Medan siap mendukung dan memfasilitasi seluruh komponen yang dibutuhkan terkait penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Medan Tahun 2020 mendatang.

Dukungan ini diberikan, guna menyukseskan pelaksanaan Pilkada yang menganut azas langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber) di Kota Medan, sehingga berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Demikian terungkap dalam Rapat Koordinasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan di Medan Club, Jalan R.A Kartini. Rapat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan ini bertujuan menguatkan sinergitas serta soliditas dalam mempersiapkan seluruh tahapan Pilkada bersama sejumlah stakeholder terkait.

Pemko Medan yang diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad Nasution mengatakan, Pemko Medan akan menjalankan tugas, fungsi dan perannya sesuai dengan kapasitas selaku penyelenggara pemerintahan.

Melalui rapat koordinasi ini, Musadad berharap seluruh stakeholder terkait dapat menyampaikan dan mencurahkan segala masukan dan gagasan yang dibutuhkan agar Pilkada Kota Medan tahun 2020 dapat berjalan lebih baik dari sebelumnya.

"Kita semua memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda dalam menyongsong gelaran Pilkada Kota Medan tahun depan. Kami sangat berharap, kontribusi, dedikasi dan loyalitas dapat kita berikan agar pada pelaksanaannya berjalan dan berlangsung aman dan lancar," kata Musadad, Senin (21/10).

Di hadapan peserta rapat yang terdiri dari unsur Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI-Polri, Kejaksaan Negeri (Kejari), perwakilan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, Musadad menekankan hal terpenting yang harus dijaga adalah kekondusifan Kota Medan.

"Kami harap semua pihak dapat ikut serta menciptakan dan menjaga kekondusifan di Kota Medan," pesannya didampingi Kaban Kesbangpol Kota Medan, Sulaiman Harahap, dan Kabag Tapem, Ridho Nasution.

Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Damanik, dalam paparannya menyampaikan ada beberapa poin yang akan dibahas dalam rapat koordinasi tersebut diantaranya terkait pemutakhiran data pemilih, distribusi logistik, keamanan, sistem perekrutan petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara.

Sesuai jadwal Pilkada Kota Medan akan digelar pada 23 September 2020 mendatang. Dibutuhkan sinkronisasi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing stakeholder agar seluruh tahapan Pilkada dapat berlangsung lancar dan sukses serta potensi masalah yang mungkin terjadi dapat diantisipasi.

"Melalui rapat ini kami berharap, kita semua dapat merancang dan mempersiapkan Pilkada Kota Medan secara matang. Selain itu juga melakukan evaluasi agar setiap kekurangan dan kesalahan penyelenggaraan Pilkada yang akan datang dapat kita minimalisir dan benahi bersama. Untuk itu kami harapkan kerja samanya," ungkap Agussyah.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi