Tim Evaluasi Kunjungi Desa Gunung Bandung

tim-evaluasi-kunjungi-desa-gunung-bandung

Batubara, (Analisa). Bupati Batubara Ir H Zahir MAP menyambut kedatangan Tim Evaluasi dari Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin Herawati Nazaruddin Hisyam didampingi Vera Imam Budi Putra dan Leli Dahler di Desa Gunung Bandung Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batubara, Senin (21/10).

Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batubara Maya Indriasari Zahir, Sri Wulandari Oky Iqbal Frima dan Hairani Sakti Alam, Bupati Batubara Zahir bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara meninjau peternakan lembu dan kolam ikan masyarakat serta tanaman sayuran dan buah serta lokasi pembuatan pupuk kompos.

Kehadiran Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara disambut hangat masyarakat Desa Gunung Bandung dengan menampilkan tarian jaran kepang serta tarian budaya melayu yang dilanjutkan dengan yel-yel PKK Desa Gunung Bandung.

Bupati merasa bangga terhadap Tim Penggerak PKK karena telah mampu memotivasi masyarakat desa untuk membudayakan hidup bersih sehat.

Tim Penggerak PKK Desa yang mendapat pembinaan dari Tim Penggerak PKK Kecamatan serta Kabupaten telah mampu memperbaiki pertumbuhan ekonomi desa dengan bercocok tanam sayuran di pekarangan setiap rumah, seperti cabai merah, terong dan buah-buahan bahkan telah mampu beternak ikan, bebek hingga lembu.

Zahir mengatakan, 60% tugas pemerintah daerah telah terbantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui produksi pertanian skala kecil oleh masyarakat setempat.

Zahir menegaskan, di 2020 ia sudah siapkan alokasi anggaran kepada desa untuk membangun desa-desa percontohan, sehingga pada 2021 seluruh desa di Kabupaten Batubara harus menjadi desa-desa percontohan, apalagi Gubsu Edy Rahmayadi telah memerhatikan daerah ini untuk mengembangkan produksi cabai merah.

Karenanya kata Zahir, seluruh Pimpinan OPD sebagai Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK harus memperhatikan kebutuhan PKK, apalagi BNN Kabupaten Batubara telah melakukan MoU untuk mendukung desa-desa percontohan PKK sebagai desa bersih dari narkoba.

Camat Lima Puluh Pesisir Lukman melaporkan Kecamatan Limapuluh pesisir memiliki 13 desa, dan Desa Gunung Bandung pada 2012 merupakan desa pemekaran dari desa bulan-bulan. (ra)

()

Baca Juga

Rekomendasi