Pangdam I/BB Mayjen TNI M S Fadhilah

Bakti TNI Menata Desa Terdampak Sinabung

bakti-tni-menata-desa-terdampak-sinabung

Karo, (Analisa). Pangdam I/BB Mayjen TNI M S Fadhilah berkunjung ke Kodim 0205/TK, Senin (21/10). Kunjungan ke Karo bersama Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi. Disam­paikan Pangdam I /BB bersama Kapoldasu, Gubsu ke Karo ingin menghadiri pembukaan karya Bakti TNI, di Ndokum Seroga, Kecamatan Simpang Empat Karo.

Dia mengatakan, saat ini ada pro­gram bakti TNI terpadu, seperti pena­taan kembali desa yang terdampak pasca erupsi Gunung Sinabung. Unsur terpadu yang terlibat ada TNI, Poldasu , BPBD Provsu, Pemda Karo, kepala desa dan masyarakat.

“Tidak semua bisa dikerjakan dalam karya bakti terpadu, terpenting kita kerjakan seperti rehab jambur, pemu­kiman, pipanisasi, dan rehab rumah ibadah,” ujarnya.

Berhasilnya kegiatan ini, kembali kepada semangat dari masyarakat, tidak ada arti, jika semangat warga kendor, untuk itu dibutuhkan semangat dari warga setelah dipulangkan ke desanya masing masing.

Menanggapi personel yang disiap­kan untuk melaksanakan karya bakti TNI terpadu ini, khusus pasukan TNI 100 orang dari tiga Matra, AD, AU dan AL, sedangkan BPBD Provsu 60 orang, selebihnya Poldasu dan Pemda Karo. “Kegiatan ini kita mulai hari ini, sebulan ke depan ditargetkan sudah rampung pada 20 November 2019,” harapnya.

Akhir acara dilakukan pemberian sembako 2.300 paket, pupuk 100 zak, 10 kursi roda dan 100 paket prasarana sekolah terdiri tas, buku dan baju seragam sekolah.

Selanjutnya, rombongan menuju ke Desa Tigapancur untuk melakukan peletakan batu pertama sebagi perwa­kilan dari 5 desa tanda dimulainya rehab perbaikan jambur oleh Pangdam I/BB, Kapoldasu dan Bupati Karo yang menggunakan APBD Provsu senilai Rp510.200.000.

Apresiasi

Anggota DPRD Sumut dari dapil (daerah pemilihan) XI H Anwar Sani Ta­rigan mengapresiasi karya bakti ter­padu Kodam l/BB membantu warga kor­ban erupsi Gunung Sinabung yang sudah mengalami penderitaan cukup lama.

"Karya bakti terpadu yang dilak­sanakan di wilayah Kodim 0205/Tanah Karo patut diapresiasi, karena sudah membantu masyarakat khususnya kor­ban erupsi Gunung Sinabung," ujar Anwar Sani Tarigan kepada wartawan, Senin (21/10) usai mengikuti karya bakti terpadu Kodam l/BB di wilayah Kodim 0205/Tanah Karo.

Anwar mengatakan, karya bakti terpadu yang dihadiri Pangdam I/BB, Kapolda Provinsi Sumatera Utara, Ke­pala BNPB (Badan Nasional Penang­gula­ngan Bencana) Provinsi Sumut, Bu­pati Tanah Karo dan anggota legis­latif Karo dan Provinsi Sumut itu dilak­sanakan di Desa Dokum Siroga ke Desa Tiga Pancur, Kecamatan Sim­pang Empat, Kabupaten Karo. (dik/amal)

()

Baca Juga

Rekomendasi