Sumpah Pemuda, Sekda: Narkoba Melemahkan Generasi Muda Kelola SDA

sumpah-pemuda-sekda-narkoba-melemahkan-generasi-muda-kelola-sda

Analisadaily (Labuhanbatu) - Ribuan peserta dari berbagai kalangan mengikuti upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Ika Bina, Kota Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu.

Bahaya narkoba menjadi salah satu pesan penting yang disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Sabrina pada kesempatan itu, Senin (28/10).

Hal itu disampaikan Sabrina usai menjadi inspektur upacara (irup) dan membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Zainudin Amali, terkait tantangan generasi di era global saat ini. Karenanya tema yang diusung yakni ‘Bersatu Kita Maju'.

"Kita tahu, narkoba di Sumut adalah satu yang terbesar. Jangan sampai pemuda kita terkena lagi. Tetapi bagaimana agar para pemuda bisa menjadi duta pemberantasan narkoba. Karena merekalah generasi penerus bangsa ini," ujar Sabrina.

Sabrina menjelaskan bahwa masa depan bangsa ini akan ditentukan para pemuda, yang akan menjadi pemimpin di masa mendatang. Karena itu, untuk menjadikan negara ini, khususnya Sumut hebat, maju dan bermartabat, maka salah satu jalannya adalah bisa terhindar dari narkoba.

"Kita punya Sumber Daya Alam yang melimpah dan kaya. Namun, narkoba bisa saja melemahkan generasi muda untuk mengelola sumber daya alam tersebut. Jadi jangan mau kita dilemahkan dengan narkoba. Kita harus bangkit, Indonesia milik kita," jelasnya.

Begitu juga pidato Menpora, lanjut Sabrina, pemuda Indonesia harus bisa tampil dan bersaing pada percaturan dunia. Sebab itu, generasi muda harus punya karakter daripada jati diri bangsa. Apalagi dicanangkan bahwa 2045 sebagai generasi emas.

"Jadi kita harus siap di situ. Kalau tidak, jangankan dapat emas, untuk suasa pun susah. Karena itu, mulai sekarang mari bersama-sama kita bentuk karakter pemuda agar menjadi angkatan kerja yang produktif," terangnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Ika Bina, Rantauprapat, Senin (28/10)

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Ika Bina, Rantauprapat, Senin (28/10)

Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe, menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya peringatan Sumpah Pemuda tingkat provinsi di daerah tersebut. Apalagi beberapa program Pemprov diarahkan ke kabupaten ini.

"Ini menambah semangat Labuhanbatu. Insya Allah waktu mendatang juga ada pekan olahraga tingkat pelajar. Tentunya kepada anak-anak kami, adik-adik kami, pemuda hari ini harus bisa berbuat lebih banyak lagi. Saya yakin, potensi olahraga dan pemuda bisa membanggakan Labuhanbatu," ucapnya.

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda itu juga dihadiri perwakilan dari Forkopimda Sumut, Anggota DPRD Sumut Poaradda Nababan, Ketua KNPI Sumut, serta para pejabat setempat. Sementara mendampingi Sekdaprov, hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Pendidikan Arsyad Lubis dan Kepala Biro Binsos M Yusuf.

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi