Tebingtinggi Terima Penghargaan TPID Teladan

tebingtinggi-terima-penghargaan-tpid-teladan

Tebingtinggi, (Analisa). Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Ma­ra­­pusuk Sire­gar memerima penghar­gaan Tim Pengendali Inflasi Dae­rah (TPID) Teladan diserah­kan Gu­bernur Sumutera Uta­ra, Edy Rahmayadi di Sudir­man Grand Ballroom Polonia Hotel Medan, Senin (7/10).

Gubernur Sumatera Utara H Edy Rah­ma­yadi mengiba­ratkan, menjaga laju in­flasi, seperti mengendalikan tensi darah di tubuh manusia. “Saya minta seluruh pihak bisa menggeluti persoalan har­ga komoditi tertentu, khu­sus­nya cabai merah. Saya ingat­­kan soal inflasi, khususnya di kabu­paten/kota itu seperti pe­ngukur tensi. Tidak bisa ting­gi, tidak bisa juga terlalu ren­dah,” ungkap Edy Rahmayadi saat membuka Rapat Koor­dina­si (Rakor) Tim Pengen­dali Inflasi Daerah (TPID) se-Sumut sekaligus pemberian penghargaan TPID Award ke­pada kabupaten/kota. 

Kegiatan dengan tema, “Sinergitas Infor­masi dan Upaya Peningkatan Produkti­vitas Pangan Serta Kerja Sama Perdaga­ngan An­tar Daerah di Sumut” dihadiri Kepala BI Su­mut, Wiwiek Sisto Wida­yat, Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi, Kepala Kantor KPPU Sumut, Ramli Siman­juntak, Kabu­log Divre Sumut, Basirun.

Gubernur mengingatkan, persoalan inflasi tidak bisa dipisahkan dari urusan pa­ngan rakyat,sehingga seluruh pihak ber­kewajiban,  memikirkan dan mengurusi per­soalan ma­syarakat. Bahkan, komoditi seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, daging ayam dan lain­­nya yang dike­luhkan masya­rakat mau­pun para pedagang. 

“Kenapa saya mau bicara cabai merah, karena ini sempat membuat kita naik tensi. Ke­napa kita bergelut soal ini. Ka­rena itu juga saya ingin ber­temu importir, bagaimana penjelasan mereka,” kata Edy Rahmayadi.

Kepala Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Siswo Wida­yat menyampaikan, terkaan inflasi masih memungkinkan muncul di November 2019. Sebab, kebutuhan pangan yang terus ada rentan me­nyum­bang inflasi yang besar di tahun ini. Untuk Sumut, se­lain cabai merah yang ter­tinggi ada juga komoditi pa­ngan lain yang juga mempe­ngaruhi.”Kalau mau aman, seperti cabai merah tidak boleh melebihi Rp 42.000 per kilogram. Kalau bisa diken­dalikan, inflasi kita bisa 4 persen,” papar Wiwiek.

Menurut Kabag Adm Pere­kononian dan Pembangunan Kota Tebingtinggi, penghar­gaan ini merupakan kedua kali diterima Pemko Tebing­tinggi,  TPID Teladan dari Pemprov­su 2018 dan 2019. (cha)

()

Baca Juga

Rekomendasi