Trotoar dan Drainase Jalinsum Karo Rusak

trotoar-dan-drainase-jalinsum-karo-rusak

Kabanjahe, (Analisa). Trotoar jalan nasional dan jalan perkotaan wilayah Ka­ban­jahe dan Berastagi mengalami kerusakan berat. Termasuk se­jumlah lokasi pusat kontrol drainase yang menampung sa­luran air hujan. Baik di lokasi yang penanganannya di ba­wah tanggung jawab Pemkab Karo ataupun pihak Balai Besar Perawatan Jalan Nasional (BBPJN).

“Kalau dalam waktu dekat kedua pihak, Pemkab Karo dan BBPJN tidak sinergis dan serius menanganinya, sejumlah lokasi trotoar akan runtuh ke dasar drainase dan luapan air saat hujan terjadi akan sepenuhnya meluap mengalir melalui badan jalan,” jelas Jidin Ginting dan Jon Karya Sukatendel, mantan anggota DPRD Karo kepada Analisa, Selasa (8/10) di Kabanjahe.

"Seperti trotoar berlokasi di depan Kantor PN Kabanjahe dan pusat kontrol drainase simpang III Kabanjahe sudah lama rusak. Kalau hujan lebat, air meluap dari pusat kontrol dan saluran drainse ke badan jalan. Badan jalan bagai aliran anak sungai dan genangan air terjadi sehingga rawan dilintasi ken­deraan angkot atau pun sepeda motor. Beberapa sepeda motor dan angkot jadi mogok di jalan mengaki­bat­kan awal kemacetan," jelas Jidin dan Jon.

Demikian juga di sejumlah ruas tro­toar wilayah kota wisata Berastagi. Ter­masuk menuju DTW Bukit Gundaling dan menuju DTW Bukit Kubu. Tidak se­dikit trotoar rusak dan ditumbuhi se­mak-belukar. Situasi ini telah menjadi so­rotan masyarakat dan wisatawan ku­rangnya perawatan dari pihak Pemkab Karo.

Pihak Bina Marga, PUPR Karo dan PPK 4,1 BBPJN yang sebelumnya di­kon­firmasi Analisa tentang kerusakan tro­toar dan pusat kontrol drainase ini me­ngaku akan segera berkoordinasi an­tara pihak BBPJN dengan Pemkab Karo untuk memperbaikinya. Namun sampai saat ini kerusakan malah semakin parah dan bertambah. (alex)

()

Baca Juga

Rekomendasi