Deretan Aktris Keturunan Pahlawan

deretan-aktris-keturunan-pahlawan

SETIAP 10 November dikenang sebagai Hari Pahlawan, saat bangsa Indonesia kembali mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI. Hingga kini perjuangan belum berhenti, bukan untuk merebut kemerdekaan, melainkan mengisi kemerdekaan.

Generasi penerus mengisi kemerde­ka­an dengan berbagai cara, salah satu­nya melalui seni untuk mengharumkan nama Indonesia. Nah, sederet aktris ini ternyata masih merupakan keturunan Pahlawan Nasional. Siapa saja mereka.

- Dian Sastro

Aktris bernama lengkap Dian Sas­trowardoyo ini melejit namanya lewat film 'Ada Apa dengan Cinta'. Ternyata, Dian adalah cucu pahlawan pergerakan Indonesia, Profesor Sunario Sastro­wardoyo.

Kecerdasan Dian sepertinya ditu­run­kan sang kakek yang merupakan tokoh politik penting. Prof Sunario lahir di Madiun, 28 Agustus 1902. Beliau ma­n­tan Menteri Luar Negeri Indonesia ke­tujuh, Menteri Perdagangan ke-12, serta Duta Besar Indonesia untuk Ing­gris. Beliau juga sempat mende­dika­sikan diri di dunia pendidikan sebagai Rektor Universitas Diponegoro, Sema­rang pada 1963.

Dian sempat berbagi kisahnya de­ngan sang pahlawan. "Saya waktu kecil pernah ketemu Eyang Nario. Saya ber­umur lima tahun, dan beliau sudah tuaaa sekali. Eyang kakung saya adeknya yang ke-11. Beda usianya jauh sekali," tulisnya di Instagram beberapa tahun lalu.

- Asri Welas

Terkenal dengan peran-perannya kang kocak, Asri yang seorang seniman asal Jogja ternyata keturunan seorang pah­lawan. Leluhur Asri merupakan pah­lawan besar, yaitu Pangeran Diponegoro.

Beliau dikenal sebagai pemimpin Perang Diponegoro yang menelan kor­ban paling banyak dalam sejarah Indonesia. Asri sendiri baru mengetahui di­rinya keturunan Pangeran Dipone­goro bebe­rapa tahun lalu. Ia merupakan ketu­runan ke tujuh dari pejuang hebat tersebut.

- Maia Estianty

Istri Irwan Musri ini merupakan ketu­runan dari tokoh pergerakan penting di Indonesia, yang juga merupakan se­orang Pahlawan Nasional. Maia adalah cicit dari HOS Cokroaminoto, pemim­pin organisasi Sarekat Islam (SI).

Lewat unggahan di Instagram, Maia mendapat kesempatan menerima penghargaan mewakili eyang buyutnya. Ibu dari Al, El dan Dul ini tentu saja merasa bangga memiliki buyut yang berjasa bagi bangsa Indonesia.

"Saya tahu menjadi keturunan HOS Cokroaminoto dari bapak. Saat SD saya diberitahu.

Pasti bangga punya eyang pejuang," katanya.

- Celine Evangelista

Aktris cantik yang baru saja melahirkan anak ke­em­pat ini cicit buyut se­orang pejuang bangsa. Da­lam salah satu unggahan di media sosial, Celine ber­ziarah ke makam kakek bu­yut­nya, H.Fadeli Lu­ran di Makassar, Sula­wesi Selatan.

Beliau sosok yang me­nyatukan umat Muslim. Bersama H.M.Daeng Patompo dan Andi Baso Amir, mendirikan organisasi untuk menampung aspirasi kelompok umat Islam yang ada agar tak lagi bermu­su­han. (int/bs)

()

Baca Juga

Rekomendasi