Pemko Medan Optimis SPAM Mebidang Segera Terealisasi

pemko-medan-optimis-spam-mebidang-segera-terealisasi

Analisadaily (Medan) - Pemko Medan mendukung dan optimistis operasional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang) dapat berjalan dengan lancar.

Hal ini dilakukan guna menyediakan Air Minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, agar masyarakat mendapatkan kehidupan yang sehat, bersih, dan produktif.

Demikian disampaikan Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, diwakili Kepala Dinas Perumahan Kawasan Perumahan Kawasan Permukiman Ruang (PKPPR), Benny Iskandar, saat menghadiri Rapat Sosialisasi Besaran Tarif dan Pengelolaan SPAM Regional Mebidang.

SPAM merupakan satu kesatuan sarana dan prasarana penyediaan Air Minum. Penyelenggaraan SPAM, serangkaian kegiatan dalam melaksanakan pengembangan dan pengelolaan sarana dan prasarana yang mengikuti proses dasar manajemen penyediaan air minum kepada masyarakat.

“Pengembangan SPAM adalah kegiatan yang dilakukan terkait dengan ketersediaan sarana dan prasarana dalam rangka memenuhi kuantitas, kualitas, dan kontinuitas air minum yang meliputi pembangunan baru, peningkatan, dan perluasan,” kata Benny, Selasa (12/11).

Benny juga mengungkapkan, melalui rapat ini nantinya dapat memberikan hasil dengan diberikannya tarif yang menarik bagi masyarakat. Diharapkan masyarakat mampu secara mandiri dalam menyambungkan pipa SPAM selama perhitungan benar dan transparan.

“Saya berharap agar masyarakat mampu secara mandiri dalam menyambungkan pipa SPAM ke rumah mereka masing-masing, karena tarif yang diberikan telah diperhitungkan sehingga mempermudah masyarakat,” harapnya.

Pimpinan rapat, Asisten Gubernur Bagian Administrasi Umum dan Aset, Provinsi Sumatera Utara, Fitriyus mengatakan, penyediaan air minum merupakan bagian dari pelayanan publik yang harus ditingkatkan. Karena kebutuhan air minum masyarakat terus meningkat.

Upaya pemenuhan kebutuhan air minum bagi masyarakat tidaklah mudah. Hal ini disebakan oleh beberapa faktor yang menjadi penghambat seperti terbatasnya kemampuan PDAM dalam menjamin kelancaran pendistribusian air bersih ke pelanggan.

Kemudian sulitnya menjangkau pelanggan yang jauh dari pusat pelayanan, dan soal ketersediaan sumber air bersih yang terkadang tidak stabil.

“Mari kita memanfaatkan forum ini untuk saling berdiskusi, berbagi dan bertukar informasi terkait upaya meningkatkan program layanan air minum yang lebih baik,” harapnya.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi