Warga Dilatih Industri Kerajinan Lidi

warga-dilatih-industri-kerajinan-lidi

Paluta, (Analisa). Puluhan peserta dari berbagai tingkatan se kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) me­ngikuti pelatihan industri kerajinan ber­ba­han baku lidi bagi masyarakat untuk me­ningkatkan produksi Industri Kecil Me­nengah (IKM), Senin (11/11).

Pelatihan dibuka Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Padang Lawas Utara Rudi AP MM melalui Kepala Bidang Perindustrian Khoiruddin Pulungan SH mendapat antusiasme warga masing-masing dua orang per desa se-Kabupaten Padang Lawas Utara.

Khoiruddin menjelaskan pelatihan tersebut berlangsung tiga hari mulai, Senin-Rabu (11-13/11) dipusatkan di Aula Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Paluta.

Lanjutnya dipilihnya bahan baku lidi, ka­rena lidi memiliki harga yang relatif mu­rah, serta bahan tersebut mudah dite­mukan di daerah Paluta. Lidi yang di­gu­na­kan dapat diperoleh di pasar-pasar tradi­sio­nal atau dapat diperoleh langsung dari pe­tani yang ada di wilayah Padang Lawas Utara.

Khoiruddin menambahkan agenda pela­tihan perdana ini tidak hanya mendorong masyarakat untuk mengolah lidi kelapa dan sawit menjadi barang-barang harian yang lebih kreatif, namun Disperindag Pa­luta juga akan membantu untuk pemasaran hasil karya masyarakat apabila nantinya tercapai.

Hadir menjadi pemateri dari berkah Lidi produksi lidi kelapa sawit yang beralamat di Rumpin Sei Rumbiya Kota Pinang Kabu­paten Labusel.

Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara H Sonny Waldi melalui Kepala Seksi Agro Dr. Ir. Nurhaida Pohan pada bidang Industri Kimia Agro hasil hutan ( IKAHH ). (ong)

()

Baca Juga

Rekomendasi