Sabrina: Warga Minang Banyak Berkontribusi di Sumut

sabrina-warga-minang-banyak-berkontribusi-di-sumut

Analisadaily (Medan) - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Sabrina menyampaikan apresiasi atas digelarnya Sumbar Expo 2019 di Lapangan Merdeka Medan. Sebab kontribusi warga asal Sumatera Barat telah banyak membantu pembangunan.

"Atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat, termasuk warga asal Sumbar yang ada di sini, kami ucapkan selamat datang," kata Sabrina, Jumat (15/11).

Sebagai informasi, katanya, masyarakat Sumut yang berasal dari Sumbar jumlahnya cukup banyak dan telah memberikan kontribusi besar bagi daerah ini. Baik selaku birokrat, politisi, tokoh agama, maupun pengusaha dan sebagainya.

"Kami telah menjadi satu keluarga besar di sini. Oleh karenanya, kebersamaan yang terjalin di provisi ini tetap terjaga," sebutnya.

Saat ini banyak warga perantau asal Sumbar telah menetap dan menjadikan Sumut sebagai kampung halaman. Karena itu, dirinya juga berharap sebaliknya, warga asal Sumut yang berada di bumi ranah Minang, dapat memberi kebaikan dan manfaat bagi masyarakat di sana.

"Sebagaimana pepatah, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," katanya.

Disampaikan juga, ucapan terima kasih karena provinsi ini dipilih sebagai tuan rumah Sumbar Expo untuk tahun ini. Karena dapat menguatkan hubungan dua daerah dan bersama-sama saling mendukung demi mengangkat nama produk dan budaya kedua daerah.

"Juga karena Sumut berbatasan langsung dengan negara tetangga, dan merupakan pintu gerbang mencanegara, khususnya negara tetangga yang ekonominya cukup maju. Tentunya ini memberi peluang ke pasar dunia," sebutnya.

Untuk itu, diharapkan kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat dan juga perekonomian di Sumut dan Sumbar. Serta mengajak masyarakat di provinsi ini mengenal provinsi tetangga. Sebab banyak keunikan yang bisa dinikmati saat kegiatan berlangsung.



Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, digelarnya acara ini untuk menampilkan potensi pembangunan di daerahnya. Mulai dari sektor ekonomi seperti pariwisata, investasi, produk unggulan dan UKM, juga sektor lain yakni kependudukan, pendidikan, komunikasi dan kebudayaan.

"Diharapkan terjalin kerja sama yang saling menguntungkan antara seluruh pemerintah daerah di Sumatera Utara dan Sumatera Barat, khususnya Kota Medan," sebut Irwan.

Dari kegiatan ini, digelar pameran produk dan program unggulan, pagelaran seni budaya, bakti sosial, penampilan pakaian adat, demo dan lomba marandang, tampilan lainnya dari berbagai stan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemko Medan, BM3, Gebu Minang serta seluruh perantau asal Sumatera Barat yang sudah membantu memfasilitasi penyelengaraan kegiatan ini," sebutnya.

Ketua Panitia Sumbar Expo 2019, Andre Setiawan dalam laporannya mengatakan, kegiatan selama empat hari ini disiapkan 88 stan. Di antaranya terdiri dari OPD Sumbar, Pemprov Sumut, Pemkab/Pemko se-Sumbar, Pemko Bengkalis, Bank Nagari, UKM se-Sumbar, serta Sumut.

(RZP)

Baca Juga

Rekomendasi