Di Tengah Ancaman Kebakaran Hutan

Australia Bersiap Hadapi Angin Kencang

australia-bersiap-hadapi-angin-kencang

Melbourne, (Analisa). Australia bersiap untuk menghadapi angin kencang yang dapat memicu ke­ba­karan hutan di dua negara bagian selama ak­hir pekan dan menambah korban lebih dari 270 rumah yang hancur dan 1 juta hek­tare lahan yang hancur selama minggu lalu.

Biro cuaca negara itu mempe­ringatkan, Jumat (15/11), angin dan sam­baran petir meningkatkan an­caman bagi masyarakat di dua negara bagian di pantai timur negara itu, yang telah dirusak oleh api sejak Jumat lalu.

"Sebuah ledakan baru dari angin barat yang kering dan kering akan mengakibatkan bahaya kebakaran yang parah di Darling Downs dan Granite Belt," Biro Meteorologi ditandai untuk wilayah perbatasan antara negara bagian Queensland dan New South Wales.

Ia menambahkan bahwa badai mungkin terjadi di bagian utara wilayah itu "mem­bawa risiko petir sebagai sumber pengapian untuk kebakaran baru."

Di New South Wales, 259 ru­mah telah han­cur selama sepe­kan terakhir dan 59 ke­ba­karan hutan atau semak masih menya­la, tetapi tidak ada yang dinilai pada tingkat peringatan "bencana" yang dipicu pada awal pekan ini, kata Dinas Pemadam Keba­­karan negara bagian itu.

Di Queensland, tempat 16 rumah telah hancur sejak 7 November, 59 api masih me­nyala.

Musim kebakaran telah dimu­lai lebih awal dari biasanya, pada musim semi Bela­han Bumi Selatan, dan diperkirakan akan pan­jang dan brutal tahun ini karena keke­ringan tiga tahun telah meninggalkan petak luas di timur dan barat Australia lebih rentan terhadap kebakaran.

Melihat upaya mencegah kelelahan di an­tara petugas pemadam kebakaran, Aus­tralia Barat telah mengirim tim ke luar untuk mengurangi kru yang lelah di pantai timur, dan Selandia Baru juga telah me­ngirim bala bantuan.

"Kami melakukan apa yang ka­mi bisa untuk sesama warga Aussies kami sambil tetap mem­pertahankan sumber daya di garis depan, yang telah sangat dibutuh­kan dalam beberapa hari terak­hir," kata Departemen Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat Australia Barat di media sosial. (Ant/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi