Safadi Mundur dari Pencalonan PM Libanon

safadi-mundur-dari-pencalonan-pm-libanon

Beirut, (Analisa). Mantan Menteri Keuangan Libanon Mohammad Safadi menarik pen­calonannya sebagai perdana menteri.

Ia beralasan akan sangat sulit membentuk kabinet "yang har­mo­nis" dan yang didukung oleh semua partai.

Safadi (75) muncul sebagai kan­didat se­telah sumber-sumber politik dan media Liba­non mengatakan tiga partai utama sudah setu­ju men­dukungnya sebagai perdana men­teri.

Seperti dilansir Reuters, Ming­gu (17/11), keputusan Safadi untuk menarik diri dari pencalonan PM membuat upaya Libanon mem­bentuk pe­merintahan, yang di­perlukan untuk segera menjalan­kan refor­masi, kembali ke titik nol. Negara itu sedang mengha­dapi gelom­bang protes, yang tak pernah ter­jadi sebelumnya, hing­ga memak­sa perdana menteri Saad al-Hariri mengundurkan diri pada Oktober.

Safadi mengatakan dalam per­nyataan bahwa ia memutuskan menarik diri setelah melakukan konsultasi dengan partai-partai politik serta pertemuan hari Sabtu dengan Hariri.

Para pemrotes yang turun ke jalan pada Sabtu mengecam ke­mungkinan pencalonan Safadi. Menurut mereka, pencalonan Sa­fadi berlawanan dengan desakan yang disuarakan di seluruh negeri untuk mendepak elit politik. Mereka menganggap Safadi, pe­bisnis terkemuka yang memiliki hubungan dengan Arab Saudi itu, sebagai bagian dan satu paket dengan kalangan elit tersebut.

Dalam pernyataannya, Safadi menyatakan terima kasih kepada Presiden Libanon Michel Aoun serta kepada Hariri karena telah mendukung pencalonannya. Ia mengatakan dirinya berharap Hariri akan kembali menjabat se­bagai perdana menteri untuk membentuk pemerintahan.

Dalam proses untuk memilih perdana menteri, Presiden Aoun harus secara resmi membicara­kannya dengan parlemen me­nyangkut siapa yang mereka pilih, Aoun harus menerima siapa pun yang mendapat suara terbanyak di parlemen dalam pemilihan perdana menteri.

Perdana menteri Libanon harus berasal dari kalangan Mus­lim Sunni, menurut sistem pem­bagian kekuasaan sektarian. (Ant/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi