Ribuan Babi Mati di Sumut, Edy: Kalau Tak Bisa Diatasi, Semua Dimusnahkan

ribuan-babi-mati-di-sumut-edy-kalau-tak-bisa-diatasi-semua-dimusnahkan

Analisadaily (Medan) - Pemerintah Sumatera Utara mencatat 9.421 ekor babi mati akibat ‎virus hog cholera. Bila wabah tersebut tidak bisa diatasi, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menegaskan, seluruh babi harus dimusnahkan.

"Tim lagi turun. Kalau virus tidak bisa diatasi, semuanya harus dimusnahkan. Ke sana larinya itu," tegasnya, Senin (18/11).

Edy menuturkan, dirinya sudah menjumpai Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, di Jakarta baru-baru ini, untuk membahas ‎virus hog cholera yang menyerang peternakan babi di Sumut.

"Terkait virus ini, saya sudah ‎jumpa dengan Menteri Kesehatan, dan disebut tidak menularkan siapapun, baik manusia, binatang, dan lainnya. Khusus si babi. Kalau bukan babi, aman dia," ucapnya.

Edy juga mengungkapkan, Kementerian Kesehatan tengah memproses permintaan dari Dinas Kesehatan Sumut untuk mengirim vaksin dalam upaya mengatasi dan mencegah terjangkit ‎hog cholera.

"Untuk vaksin yang menentuskan itu Menteri Kesehatan. ereka yang mengeluarkan vaksin. Bukan Kadis Kesehatan. Dari Kementerian ke Kadis, ini sedang diproses," ungkapnya. 

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi