Daerah Wisata dan Desa Diharapkan Jadi Prioritas PLN

daerah-wisata-dan-desa-diharapkan-jadi-prioritas-pln

Analisadaily (Medan) - Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah berharap Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Sumut dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan.

Musa menyebutkan, objek wisata dan desa diharapkan menjadi prioritas pengembangan pelayanan, sesuai dengan visi-misi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Objek yang menjadi fokus, yaitu Danau Toba. Saat ini, pemerintah sedang berupaya menggenjot pembangunan destinasi wisata kelas dunia. Pengembangan Danau Toba merupakan program pemerintah pusat, sehingga perlu menjadi prioritas utama.

“Sekarang kita sedang kuat-kuatnya untuk mengembangkan pariwisata dan fokus utama Danau Toba. Jadi, kami berharap kepada Pak Irwansyah melanjutkan keselarasan program Pemprov Sumut dengan PLN,” kata Musa, saat menerima kunjungan M Irwansyah Putra di Kantor Gubernur, Selasa (19/11).

Pada 29 Oktober 2019, PT PLN telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata dan Pelindo III, untuk memasok listrik di 10 destinasi wisata prioritas. Ini tentu akan mempercepat pengembangan Danau Toba.

Bukan hanya objek wisata prioritas, Musa juga berharap PLN bisa memenuhi kebutuhan listrik desa-desa di Sumut, terutama di Nias.

“Desa juga perlu kita perhatikan, terutama Nias. Di sana masih banyak yang belum menikmati listrik. Ini tentu menghambat perkembangan Nias,” sambungnya.

Walikota Gunung Sitoli, Lakhomizaro Zebua, yang hadir pada audiensi ini mengaku masih banyak desa di Nias belum dialiri listrik. Harapannya, GM PT PLN yang baru fokus pelayanan kelistrikan di Nias.

“Di Nias memang masih banyak yang  belum teraliri listrik, terutama desa-desa, padahal warga di desa itu cukup banyak,” kata Lakhomizaro.

Irwansyah Putra menyampaikan, keselarasan program-program PT PLN dengan Pemprov Sumut akan semakin meningkat ke depannya, karena memiliki misi yang sama.

“Saya melanjutkan pekerjaan pimpinan PLN sebelumnya yang sudah punya hubungan baik dengan Pemprov Sumut. Sekarang kita fokus pada pelayanan kelistrikan di Danau Toba dan PT PLN memang sudah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mewujudkan ini,” ujar Irwansyah Putra.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi