Masyarakat Kota Medan Jangan Takut Makan Ikan

masyarakat-kota-medan-jangan-takut-makan-ikan

Analisadaily (Medan) - Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk mengonsumsi ikan dan hasil laut lainnya. Saat ini warga takut mengonsumsi ikan akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab membuang bangkai babi di sungai.

Ajakan itu disampaikan Plt Wali Kota Medan saat menghadiri kegiatan makan ikan bersama masyarakat dan pedagang di halaman parkir dalam Pasar Cemara Medan. Tujuan diadakannya acara ini mengajak dan menghimbau masyarakat agar tidak takut mengonsumsi ikan.

"Ikan yang dijual di pasaran merupakan ikan yang aman dan layak konsumsi. Ikan yang dijual merupakan ikan yang berasal dari tengah laut, artinya aman untuk dikonsumsi," kata Akhyar, Senin (25/11).

Menurut Akhyar, ikan yang berada di pasaran aman dan tidak terkena virus hog cholera seperti yang saat ini dirisaukan warga, sebab ikan yang ada di pasaran berasal dari laut tengah sehingga aman dari sesuatu yang menjijikan.

"Ikan yang ada di pasaran aman dari bakteri hog cholera. Setelah diteliti Dinas Lingkungan Hidup, ikan tersebut tidak terkena virus dan aman dikonsumsi. Air yang berada di tengah laut juga sudah diteliti, dan sama sekali tidak ada mengandung virus tersebut," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Akhyar tidak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat, terutama para pedagang Pasar Cemara untuk tidak membuang sampah sembarangan ke dalam parit. Akhyar juga menghimbau, para pedagang mewadahi sampah.

"Kota Medan harus bersih. Salah satu caranya dengan mengurangi sampah plastik. Bersih itu bukan main-main, bersih itu serius," tegas Akhyar.

Ketua Komunitas Pedagang Ikan, Juwari mengatakan, para pedagang selama ini merasa risau karena terkena dampak sosial dari bangkai babi yang dibuang sembarangan ke sungai oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Melalui acara ini kami menunjukkan dan meyakinkan masyarakat luas bahwa ikan yang berada di pasaran sangat layak dan aman untuk dikonsumsi," ungkapnya.

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi