Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuhiro Nakasone Meninggal Dunia

mantan-perdana-menteri-jepang-yasuhiro-nakasone-meninggal-dunia

Analisadaily - Yasuhiro Nakasone, salah satu perdana menteri Jepang yang paling lama memerintah dan dikenal karena persahabatannya dengan Ronald Reagan, meninggal dunia pada usia 101 tahun.

Kabar duka disampaikan seorang pejabat tinggi partai yang berkuasa, Jumat (29/11), seperti dilansir dari Asia One. Nakasone, perdana menteri dari tahun 1982 hingga 1987, bermain di panggung dunia bersama Reagan dan Margaret Thatcher ketika bertarung dengan birokrat mengenai reformasi dalam negeri.

Dia sendiri mengatakan dia gagal mencapai mimpi untuk merevisi konstitusi pasifis pasca perang untuk memperjelas status ambigu militer.

“Merevisi konstitusi butuh waktu. Saya menekankan kepada publik bahwa itu perlu, tetapi tidak mungkin untuk memulai revisi dengan cepat,” kata Nakasone yang berbicara langsung kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada Januari 2010.

Perdana Menteri Shinzo Abe telah melonggarkan batas-batas konstitusi yang dirancang AS sebagai tujuan utama, tetapi merevisi Pasal Sembilan yang pasifis dari piagam tetap menjadi perdebatan.

Dikenal karena persahabatannya dengan Reagan, Nakasone menjadi berita utama setelah menjabat ketika dia mengatakan bahwa jika terjadi perang, dia akan membuat Jepang menjadi kapal induk yang tidak dapat tenggelam dalam pasukan AS dan membendung angkatan laut Soviet.

Pada tahun 1983, ia menjadi perdana menteri Jepang pertama yang secara resmi mengunjungi Korea Selatan, memperbaiki hubungan dengan negara yang secara brutal dijajah Jepang dari tahun 1910 hingga 1945.

Nakasone melakukan reformasi dalam negeri secara agresif, memprivatisasi monopoli kereta api, tembakau, dan telekomunikasi milik pemerintah Jepang. Namun, para kritikus mengatakan bahwa ia gagal menerapkan serangkaian proposal reformasi yang penting untuk membantu pertumbuhan ekonomi Jepang.

Dia juga kurang berhasil dalam mereformasi sistem pendidikan Jepang, berusaha untuk menanamkan moral dan disiplin tradisional sembari juga membina individu yang dapat bersaing secara global.

Nakasone memenangkan tahun kelima yang jarang di kantor setelah memimpin Partai Demokrat Liberal untuk kemenangan besar dalam pemilihan 1986. Tetapi karirnya dibayangi oleh tautan ke skandal politik besar, penipuan saham-untuk-nikmat.

Dia keluar dari LDP pada tahun 1989 karena skandal itu, tetapi dua tahun kemudian disambut kembali sebagai penasihat senior.

Dia terpaksa pensiun pada tahun 2003 ketika dia berusia 85 tahun bersama dengan negarawan senior lainnya oleh Perdana Menteri Junichiro Koizumi, yang ingin meremajakan citra LDP sebagai partai politisi tua yang terkurung.

Lahir di distrik berbukit Takasaki, barat laut Tokyo, pada 27 Mei 1918, dari seorang pedagang kayu yang kaya, Nakasone lulus dari Universitas Tokyo sebelum memasuki Kementerian Dalam Negeri pada tahun 1941. Ia bergabung dengan Departemen Kepolisian Tokyo setelah Jepang menyerah pada tahun 1945.

Nakasone memiliki dua putri dan seorang putra politisi, Hirofumi.

()

Baca Juga

Rekomendasi