Kominfo Kembangkan Pasar Digital di Daerah

kominfo-kembangkan-pasar-digital-di-daerah

Jakarta, (Analisa). Kementerian Komunikasi dan Infor­matika (Kominfo)  telah menjalin ker­ja­sama dengan shopee, tokopedia dan bukalapak untuk menyukseskan Gre­beg Pasar UMKM Go Online. Kerja­sama ini berguna agar para pedagang UMKM yang terjaring selama Grebeg Pasar mendapat perhatian khusus beru­pa pendampingan lanjutan setelah me­reka onboarding ke marketplace. Bukan itu saja, marketplace lain yang sedang dikembangkan di daerah juga diajak bergabung dalam acara ini.

“Kami memberikan kesempatan dan dukungan kepada marketplace lokal untuk bersama-sama membangun pasar digital di daerah masing-masing. Untuk itu setiap Grebeg Pasar kami selalu me­ngajak aplikasi-aplikasi lokal untuk ber­kembang bersama, maju bersama mem­bangun sumberdaya lokal agar bi­sa bersaing di kancah nasional, bah­kan internasional kalau perlu.” ungkap Puti Adella Elvina Kepala Seksi Pe­ngem­bangan dan Fasilitasi Platform Perda­gangan Kominfo dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (5/11).

Grebeg Pasar UMKM Go Online telah diselenggarakan di beberapa kota. Di tiap kota terdapat 24 Relawan Pandu Digital yang akan memberikan sosia­lisasi dan edukasi pentingnya berjualan di marketplace. Grebeg Pasar UMKM Go Online di Medan di enam pasar, pa­ra relawan  menghampiri para pelaku UMKM mendampingi membuka toko online di marketplace sesuai pilihan masing-masing. Selama dua belas hari kegiatan, lebih dari 2.000 pedagang pasar di Kota Medan telah memilki toko digital.

Berlangsung sejak Selasa (22/10) Grebeg Pasar UMKM Go Online me­nyambangi para pedagang di Pasar Sambu, Pasar Ikan, Pasar Gambir, Pa­sar Ramai, Pasar Pusat, dan berbagai pusat UMKM lainnya hingga Senin (4/11). Satu per satu pedagang akan dipan­du hingga dapat berjualan secara online di marketplace. (try)

()

Baca Juga

Rekomendasi