Asia Pacific Aviation 100 Awards

AirAsia Raih Penghargaan Bergengsi

airasia-raih-penghargaan-bergengsi

Medan, (Analisa). AirAsia meraih penghargaan Airline Treasury Team of the Year pada ajang Asia Pacific Aviation 100 Awards.

Ajang penghargaan Aviation 100 yang diselenggarakan oleh majalah Airline Economics memberikan pengakuan terhadap pelaku industri aviasi dengan kinerja yang ce­merlang dan juga transaksi-transaksi finansial serta leasing yang paling inovatif dan sukses dalam 12 bulan te­rakhir.

Kesuksesan AirAsia sebagai Airline Treasury Team of the Year didasari oleh transaksi-transaksi penggalangan dana yang efisien, yang menunjukkan keber­hasilan pe­rusahaan menjaga kinerja finansial yang kokoh di tengah program ekspansi yang masif.

Pada tahun 2018 hingga 2019, AirAsia berhasil me­nyelesaikan dua transaksi besar dengan BBAM dan Cas­tlelake LP bernilai total US$3,6 miliar yang meli­batkan lebih dari 100 unit pesawat. Hal ini menunjukkan ke­ber­hasilan tim dalam menjalankan program penggalangan da­na secara efisien, se­ka­ligus merencanakan struktur pem­biayaan yang unik untuk transaksi pembia­yaan pesa­wat.

Tahun ini AirAsia telah menyampaikan dua komitmen besar untuk pengadaan pesawat baru. Pada ajang Paris International Airshow 2019, perusahaan meng­umumkan rencananya untuk mening­katkan kapasitas pesawat lorong tung­galnya dengan menukar pesanan 253 Airbus A320neo menjadi Airbus A321neo yang berkapasitas lebih besar.

Pada bulan Agustus 2019, maskapai penerbangan jarak jauh AirAsia X me­nandatangani perjanjian dengan Airbus senilai US$5 miliar untuk mendatangkan 12 unit pesawat Airbus A330-900 dan 30 unit A321XLR.

Head of Aircraft Finance AirAsia Farhan Zainul dan Senior Counsel Asia Aviation Capital Aaron Gomez me­nerima peng­hargaan tersebut dalam sebuah perhelatan seremonial di Hong Kong, kemarin malam.

CEO Grup AirAsia Tony Fernandes mengatakan, "Penjualan unit usaha penye­waan pesawat merupakan puncak dari stra­tegi jangka panjang perusahaan untuk me­lepas aset fisik, yang membuat peru­sahaan dapat memo­netisasi pesawat de­ngan harga yang lebih tinggi dan mengu­rangi risiko residual. Strategi ini memung­kinkan kami menginvestasikan dana tersebut untuk pengem­bangan armada dan modal ventura digital, dan pada saat yang bersamaan dapat memberikan keuntungan balik kepada pemegang saham dan meng­akselerasi visi kami menjadi perusahaan platform penye­dia layanan perjalanan dan keuangan ter­depan di Asia Tenggara.

"Hal ini tentunya tidak mungkin terjadi tanpa dukungan tim keuangan kami yang luar biasa, dan merekalah yang paling berhak atas penghargaan Airline Treasury Team of the Year ini," tandasnya. (rel/ht)

()

Baca Juga

Rekomendasi