Wisata Air Payau Danau Siombak

wisata-air-payau-danau-siombak

Oleh : Feby Farayola.

Tidak hanya dikenal sebagai kota yang kaya akan tempat wisata bersejarah, kota Medan juga memiliki tempat wisata alam yang tak kalah menarik dibanding daerah-daerah lainnya yang ada di Sumatera Utara. Wisata alam yang dimaksud adalah Danau Siombak. Danau air payau ini terletak di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Sumatera Utara.

Akses menuju ke Danau Siombak tergolong mudah karena kondisi jalan yang tidak buruk dan rute yang harus dilalui juga tidak membingungkan. Biaya tiket masuk berkisar 10 ribu rupiah. Selain tiket masuk, dengan bugdet tersebut pengunjung akan mendapatkan satu buah minuman kotak secara gratis.

Di tepian Danau Siombak tersedia fasilitas seperti ayunan, pondok, tempat duduk, dan spot berfoto yang dapat dinikmati secara gratis. Bagi pengunjung yang tidak sempat membawa bekal saat akan berkunjung tidak perlu khawatir sebab di sana terdapat gerai yang menjual beraneka macam makanan dan minuman. Dari mulai makanan ringan hingga makanan berat. Pepohonan yang tumbuh dengan rimbun di tepian danau membuat tempat ini sejuk meski cuaca sedang terik.

Di tempat ini juga terdapat hutan mangrove yang di atasnya dibangun jembatan kayu sehingga pengunjung dapat menikmati pesona hutan mangrove dan juga danau siombak pada tempat duduk yang tersedia pada jembatan tersebut. Karena luas dan panjangnya jembatan tersebut, pengunjung juga dapat mengabadikan momen berlibur ke Danau Siombak di kawasan hutan mangrove yang tersedia tanpa harus berdesakan dengan pengunjung yang lain. Tempat ini juga menyediakan fasilitas bebek air dan speed boad yang dapat dinikmati dengan biaya 15 ribu rupiah jika ingin menaiki speed boad satu kali putaran danau tersebut dan 25 ribu rupiah jika ingin menaiki bebek air selama 45 menit.

Tempat ini sangat disarankan sebagai tempat berlibur karena suasananya yang tenang, jauh dari hingar bingar kota dan juga keasrian yang belum terjamah polusi asap kendaraan bermotor. Selain itu, pada sore hari jika cuaca sedang tidak mendung pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam.

()

Baca Juga

Rekomendasi