Muspika Pantailabu Jumat Bersih di Rantaupanjang

muspika-pantailabu-jumat-bersih-di-rantaupanjang

Pantailabu, (Analisa). Muspika Kecamatan Pantailabu, bersama masyarakat bergotong royong ‘Jumat Bersih’ di kawasan pesisir pantai, Desa Rantaupanjang, Jumat (8/2) yang merupakan ‘Desa Bersih Narkoba (Bersinar)’ binaan Kodim 0204/DS dicanangkan Pangdam I/BB Mayjen TNI M S Fadhillah akhir Januari lalu.

Aksi ‘Jumat Bersih’ menyisir Jalan Utama Desa Rantaupanjang dimulai dari titik masjid Sultan Basyaruddin di Dusun I berbatasan Desa Kelambir dan Dusun IV berbatasan Desa Pema­tangbiara diakhiri Dusun II berbatasan Desa Baganserdang.

Wakil Komandan Rayon Militer (Wadanramil) 23/Beringin Lettu Kav Sudirno kepada Analisa menjelaskan, Jumat bersih secara bergotong royong yang dilaksanakan merupakan pro­gram Muspika bersama masyarakat tindak lanjut program ‘Bersinar’ yang dicanangkan Pangdam I/BB untuk melakukan kebersihan lingkungan.

Lewat program tersebut akan ter­cipta lingkungan bersih yang turut berefek kepada meningkatnya kualitas kesehatan serta pikiran lebih positif bagi masyarakat sehingga menghindari tindakan negatif sekaligus berdampak meningkatkan taraf hidup. “Kalau sehat tentu akan muncul ide-ide kreatif seperti, membuka usaha dan ide lainnya. Dengan begitu bisa berdampak meningkatan taraf hidup masyarakat,” ucapnya.

Camat Pantailabu Ayub diwakili Staf Pemberdayaan Pemerintah Desa (PMD) Mariadi menuturkan, gotong royong Jumat Bersih merupakan program pembangunan bersifat ruti­nitas semua desa untuk menumbuhkan kebersamaan membangun desa. "Untuk hari ini kita bergotong royong Jumat Bersih bersama muspika dipu­satkan di Desa Rantaupanjang sebagai salah satu bentuk penguatan terhadap program Desa Bersinar," jelasnya.

Rantaupanjang yang dicanangkan sebagai Desa Bersinar harus didukung semua pihak termasuk Muspika guna memberikan penguatan sehingga memberikan perubahan secara men­dasar serta percepatan dalam pembe­rantasan penyalahgunaan narkoba menuju desa lebih baik dan maju. Pem­benahan semua aspek di desa yang berada di pesisir pantai tersebut terus dilakukan termasuk menumbuhkem­bang­kan rasa kebersamaan seperti go­tong royong sehingga terjadi pengu­bahan cara berpikir untuk mau berbuat dalam bingkai kebersamaan.

Apresiasi

Kepala Desa Rantaupanjang Mu­ham­mad Yusni yang turut didamping sejumlah tokoh agama dan masyarakat mengapresiasi kebijakan Muspika Pantailabu yang menjadikan Rantau­panjang sebagai tempat kegiatan Jumat Bersih bersama. "Saya berterima kasih kepada Muspika Pantailabu yang sudah bersama-sama melakukan Jumat Bersih di Desa Rataupanjang. Ini jadi motivasi masyarakat di sini untuk sama-sama membangun desa," ung­kapnya.

Apresiasi serupa juga dilontarkan tokoh agama dan masyarakat Djama­luddin yang menilai program itu men­jadi salah satu dukungan terhadap per­cepatan pembangunan di Rantau­pan­jang juga berharap dukungan dari berbagai pihak untuk membenahi desa tersebut. "Program-program dukungan seperti ini yang kami harapkan se­hingga kampung kami ini cepat maju dan berkembang,” tutur Djamaluddin yang pernah menjabat sebagai Pelak­sana Tugas (Plt) Desa Rantaupanjang.

Selain membersihkan sampah dan rumput liar di sepanjang Jalan Utama Desa Rantaupanjang, gotong royong juga menyisir rumah ibadah seperti masjid, musala dan pekong diikuti belasan anggota TNI dari Koramil 23/Beringin, Aparatur Kecamatan Pantai­labu, Pemerintahan dan kader PPK Desa Rantaupanjang serta masyarakat. (ak)

()

Baca Juga

Rekomendasi