Kuatkan UMKM, Pemkab Gandeng Pers

kuatkan-umkm-pemkab-gandeng-pers

Paluta, (Analisa). Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar Live Streaming bersama insan pers Paluta bertema ‘Pers Kuatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital’ di Aula Kantor Dinas Kominfo Paluta, Jumat (15/2).

Program tersebut dilaksanakan se­bagai rangkaian hari Pers tingkat Paluta serta menyikapi potensi komersial dari banyaknya produk-produk hasil karya masyarakat pelaku UMKM di Paluta yang memiliki sale value (nilai jual) untuk dipasarkan lebih luas lagi.

Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap SSTP MSi melalui Ke­pala Dinas Perdagangan dan Prindus­trian Padang Lawas Utara Hamdan Su­kri Siregar S.Sos MM menyam­paikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ter­sebut sekaligus mengucapkan sela­mat kepada rekan Jurnalis khususnya yang bekerja di Kabupaten Paluta tahun 2019.

Hamdan menyebutkan saat ini pe­laku UMKM aneka makanan yang ter­gabung dalam wadah Klinik IKM Pa­luta telah berupaya agar melalui kli­nik IKM untuk memasarkan produk­nya melalui website online tersebut.

Selain itu, pengusaha aneka makan­an atau Kuliner seperti  susu kacang ke­delai yang di kemas dalam botol, Do­dol Balakka dan Sirup Balakka serta pro­duk aneka makanan lainnya yang telah memperoleh label Halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Mewakili Persatuan Wartawan Indo­nesia (PWI) Tabagsel, Tohong P Hara­hap MSi, menyatakan sikap siap mem­bantu memberikan inspirasi dan penge­tahuan lebih luas kepada para pengusa­ha UMKM di Paluta dalam memasar­kan hasil karyanya (product) baik dia mela­lui media.

Menurutnya kalangan masyarakat bisa mengetahui wawasan bahwa ada pasar yang lebih besar untuk dilakukan UMKM Paluta melalui digital Marke­ting atau Globalize Digital marketing.

Pihaknya berharap Pemda Paluta segera mungkin membuat situs online yang di dalamnya terdapat berbagai ma­cam product kemasan makanan (Ku­liner) UKM dari berbagai daerah untuk dipasarkan melalui pemesanan berbasis digital.

Di dalam situs perusahan itu terdapat berbagai aneka makanan hasil UKM dari berbagai daerah dan siapa saja bisa memesannya dengan cara online dan akan segara dikirimkan. (ong)

()

Baca Juga

Rekomendasi