Kapoldasu Deklarasi Pemilu Damai di Simalungun

kapoldasu-deklarasi-pemilu-damai-di-simalungun

Simalungun, (Analisa). Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Agus Andrianto deklarasi pemilu damai. Deklarasi bertujuan menciptakan suasana pemilu yang aman itu dilaksanakan pada kegiatan Family Gathering SPBUN (Serikat Pekerja Perkebunan) PTPN IV dengan Polda (Kepolisian Daerah Sumatera Utara) Sumut di Lapangan Sepakbola Tobasari , Nagori Pamatang, Kecamatan Pamatangsidamanik, Minggu (17/2).

Pada kesempatan itu, Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto tiba di La­pangan Emplasemen Sidamanik meng­gunakan helikopter. Kemudian menuju Kebun Tobasari untuk melaksa­nakan kegiatan jalan santai bersama Direktur Utama Siwi Peni, Direktur Operasional Rediman Silalahi, Direktur SDM Rijal H Damanik, Ketua P3RI Cabang PTPN IV Mahyuzar Maimun, Humas PTPN IV Syahrul Aman Siregar, Bupati Si­malungun Dr Jopinus Ramli Saragih, Sek­dakab Gideon Purba, Kadis Ko­min­fo Edwin Simanjuntak dan ribuan masya­rakat Pamatangsidamanik dan Sidamanik.

Kegiatan untuk mempererat keber­sa­­maan sekaligus menjaga kesehatan itu dirangkai dengan senam bersama dan penarikan undian dan hiburan. Pen­siunan PTPN 4 Kebun Sidamanik, Gusnir Wahab Ch mengaku senang dan berharap manajemen tetap mengada­kan acara yang bertujuan menggalang kebersamaan antarpimpinan, karyawan dan pensiunan.

Dirut PTPN IV Siwi Peni mengata­kan, kegiatan mempererat hubungan sila­turahmi antara Poldasu dan SPBun. Sehingga dapat meningkatkan produksi CPO atau sawit di Areal PTPN IV. "Ker­ja sama ini sudah lama kami ha­rap­kan. Sehingga saat ini dapat terlak­sana yang diselenggarakan oleh SPBun dengan Poldasu. Sehingga dapat me­ning­katkan produksi CPO di areal lahan PTPN IV," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, saat ini sekitar 97 persen lahan sawit dan 3 persen lahan teh yang dikelola oleh PTPN IV. "Sebanyak 23 ribu karyawan bergan­tung di PTPN IV. Di atas 97 persen lah­an sawit dan 3 persen lahan teh," ujar Siwi Peni.

Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto menjelaskan kerja sama Polda dan PTPN sudah cukup lama. “Kita bergan­deng tangan untuk meningkatkan pro­larasi damai yang dilakukan bertuju­an agar Pemilu 2019 aman dan damai serta sejuk. Diharapkan masyarakat mema­hami situasi akan isu hoaks dan SARA yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujar Kapolda.

Ia menjelaskan, dinamika perpoli­tikan di negeri ini sudah menjurus ke persaingan tidak sehat. Sehingga tidak saling percaya dengan sesama. “Sumut adalah barometer Indonesia dan minia­tur Indonesia. Mari kita jaga Kamtib­mas. Jangan sembunyi di balik masya­rakat merongrong melawan agama. Jika berani serang satu kepulauan Indo­nesia untuk berduel,” ujar pria berpang­kat bintang dua yang telah bertugas 13 tahun di Sumut itu.

Bupati Simalungun JR Saragih juga berharap agar masyarakat lebih bijak untuk menggunakan media sosial dan tidak mudah menyerap berita hoaks dan tidak terlibat isu SARA.

“Masyarkat diha­rapkan mendukung pemilu damai yang bermartabat, aman dan damai, sejuk di wilayah hukum Poldasu,” ujar JR. (fhs)

()

Baca Juga

Rekomendasi