Gubsu Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Sambas

gubsu-dampingi-presiden-jokowi-resmikan-pelabuhan-sambas

Analisadaily (Sibolga) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan operasional terminal penumpang dan dermaga Pelabuhan Sambas, Sibolga, Minggu (17/3).

Pelabuhan terbesar di Pantai Barat Sumut ini diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Sumut, khususnya kawasan Pantai Barat.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi, serta penekanan tombol sirene oleh Presiden Jokowi bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung.

Turut hadir dalam peresmian itu Ibu Negara Iriana Jokowi, Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad dan unsur Fokopimda Sumut.

Presiden Jokowi, dalam sambutannya mengharapkan agar Pelabuhan Sambas dapat kembali menjadi salah satu pelabuhan vital di Indonesia, karena pada tahun 1970-an pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan paling terkenal.

"Pelabuhan ini waktu kita SD sangat terkenal sekali. Anak SD tahun 70-an tahu semuanya. Ini yang perlu kita bangkitkan lagi fungsi Pelabuhan Sibolga untuk mobilitas barang dan jasa," kata Jokowi.

Jokowi juga berharap penataan dan pelayanan Pelabuhan Sambas Sibolga dapat mendorong peningkatan distribusi logistik barang dan jasa.

"Kapasitas kontainernya bisa sampai 20.000 TEUs setahun, meningkat besar sekali, ukuran kapal dulu 2.000 GT sekarang sudah sampai ke 6.000 G. Artinya kapal besar juga bersandar di sini," ujarnya.

Presiden juga mengapresiasi penataan dan pengembangan yang telah dilakukan terhadap Pelabuhan Sambas Sibolga. Karena selain akan meningkatkan pertubuhan ekonomi, Pelabuhan Sambas juga menjadi pelabuhan modern yang memiliki desain terbaik se Asia Pasifik.

"Saya baru dibisikin sama Dirut Pelindo kalau desain Pelabuhan Sibolga ini menang sebagai desain terbaik di Asia Pasifik," jelas Presiden.

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi