AP Aviasi Kembangkan Terminal Kargo KNIA

ap-aviasi-kembangkan-terminal-kargo-knia
Tangerang, (Analisa). PT Angkasa Pura (Ap) Aviasi, anak perusahaan PT Angkasa Pura II, mengembangkan Terminal Kargo Bandara Kualanamu (KNIA) melalui kerja sama dengan perusahaan e-dagang jd.id, PT Hee Logistik Indonesia dan PT Kapital 89.

Direktur Utama Angkasa Pura Aviasi Haris usai penandatanganan kerja sama tersebut di Tangerang, Jumat, menga­takan pengembangan tersebut meman­faatkan peluang Bandara Kualanamu yang akan menjadi hub penerbangan do­mestik wilayah Barat dan Asia Teng­gara.

“Bandara Kualanamu cukup besar punya peluang bisnis dari peningkatan kargo, bahkan nantinya menjadi hub,” katanya.

Nantinya, PT Hee Logistik Indonesia yang akan me­nanamkan modalnya dalam pengembangan Terminal Kargo seluas dua hektare di atas tanah PT Ang­kasa Pura II yang merupakan bagian dari kawasan airport city yang akan di­kem­bangkan di area seluas 200 hek­tare.

“Untuk airport city Kualanamu lahannya clear and clean siap dibangun, ground breaking tahun ini, awal 2020 sudah bisa running,” katanya.

Area Airport City itu juga akan di­kembangkan menjadi taman bermain (theme park), lapangan golf serta fasi­litas lainnya sebagai daya tarik Bandara Kualanamu.

Ke depannya, pengembangan Ban­dara Kualanamu bisa melayani 17 juta penumpang pada 2022, 30 juta penum­pang pada 2031 dan 42 juta penumpang pada 2035.

Selain itu, lanjut dia, fokus pengem­bangan AP II saat ini bukan lagi di Ban­­-dara Internasional Soekarno-Hatta, teta­pi Bandara Kualanamu.

“Kualanamu peluang sangat besar dibanding Jakarta, tapi kenapa belum bisa menjadi hub internasional, masih domestik dorong tingkatkan mau kita dorong,” katanya.

Sementara itu, untuk mendatangkan aktivitas e-dagang, AP Aviasi meng­gan­deng jd.id yang cukup memiliki jaringan penjualan yang luas.

“Mulai sekarang kita inisasi bisnis dan e-commerce (e-dagang) sedang ber­kembang yang membuat pertum­buhan kargo meningkat karena tran­saksinya sampa pelosok, ini peluang besar,” ka­tanya.

Dengan adanya kerja sama tersebut, Haris menargetkan peningkatan volume kargo bisa mencapai 20 persen. “Ke de­pannya, saya harap semua ‘e-commerce’ bisa masuk, seperti Alibaba,” kata­nya.

Selain itu, Haris juga bekerja sama dengan PT Kapital 89 untuk penyediaan air minum di Bandara Kualanamu. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi