Perlancar Aktivitas Ekspor-Impor Barang

Kadinsu Gelar Diseminasi Implementasi e-SKA

kadinsu-gelar-diseminasi-implementasi-e-ska
Medan, (Analisa). Kamar Dagang dan In­dus­tri Suma­tera Utara (Ka­dinsu) bekerja sama dengan Ke­menterian Per­­dagangan RI mengge­lar acara Di­se­­­minasi Im­ple­­men­tasi e-SKA Form D, ASSIST dan Ser­tifikasi Man­diri di Medan,  Ka­mis (21/3).

Acara yang dibuka Ka­dis­­perin­dagsu diwakili Ke­pa­la Bidang Perda­gangan Luar Negeri, Parlindungan Lu­bis SE, MSP itu digelar un­tuk memper­lancar aktivi­tas ekspor-impor barang di pa­sar internasional seca­ra langsung.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Ketua Umum (Wa­ketum) Kadinsu Bi­dang Lingkungan Hidup, Good Corporate dan CSR Martono Anggusti, Wake­tum Bidang Kerja Sama Tiong­kok Kwik Sam Ho, Direktur Eksekutif Hendra Utama dan unsur pengurus lainnya.

Bertindak sebagai mode­rator Dr Az­wir Agus SH M.Hum dengan nara­sum­ber masing-masing Direk­tur Perundingan ASEAN Ke­menterian Perdagangan (Kemendag) Dr Ir Donna Gul­tom M.Si, Deputi Bi­dang Hubu­ngan Antarlem­ba­ga, PP-INSW Ke­men­te­ri­an Keuangan Harmen Sem­biring, Direktur Ekse­kutif Kadinsu Hendra Uta­ma S.Sos, MSP, Kepala Sub­direktorat Fasilitas Per­dagangan Barang ASEAN Bona Kusuma dan Tenaga Ahli FTA Center Bidang Ak­ses Pem­biayaan Tata Ca­ra Ekspor Syahrizal Syah­­­ril.

Seperti diungkapkan para nara­sumber, kegiatan ini sangat penting bagi para eksportir dan importir, untuk dapat ber­tran­saksi secara lang­sung da­lam penjualan ba­rang dan pembelian di pasar in­ter­­nasional tanpa harus me­lalui pihak ketiga seperti se­lama ini, terutama di ling­ku­­ngan ASEAN.

Lebih murah

Dengan penerapan e-SKA (Surat Kete­ra­ngan Asal Elektronik), para eksportir Sumut dan Indonesia pada umumnya, dapat menjual ba­­rang ke pasar interna­sio­nal dengan biaya le­bih mu­rah, tepat waktu sampai ke­pada pembeli dan tetap ter­ja­­min mu­tunya.

Disebutkan, patut disyu­kuri, dalam be­­berapa tahun terakhir Indonesia su­dah da­pat meng­eks­por dan meng­impor barang se­cara lang­sung ke pasar in­ter­nasional, sehingga bisa berin­teraksi kepada pem­beli dan mem­be­rikan keun­tu­­ngan lebih.

Harmen Sembiring me­nye­butkan, para eksportir-im­portir dalam negeri su­dah saatnya menyatu­kan te­kad untuk dapat lebih me­ning­kat­kan sinergitas de­mi kelancaran arus ke­luar-ma­suk barang pada era pasar bebas saat ini, dengan me­nying­kirkan egosektoral.

Karena hanya dengan ke­lancaran arus barang eks­por-imporlah, negeri ini ke depan akan lebih maju dan sejahtera. (rama)

()

Baca Juga

Rekomendasi