Dishub Tingkatkan PAD Melalui KIR

dishub-tingkatkan-pad-melalui-kir

Balige, (Analisa). Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dinas Perhubungan setempat setelah mendapat rekomendasi untuk membuka dalam pengurusan pengujian kendaraan bermotor (KIR).

Segala potensi pendapatan daerah itu, kami optimalkan walaupun tidak besar, hal itu disampaikan kadis perhu­bungan Drs. Pargaulan Sianipar melalui kepala seksi pe­ngujian kendaraan bermotor dan sarana Evan Simanjuntak kepada Analisa di ruang kerjanya, Jumat (22/3).

Saat ini semenjak mulai 7 Februari lalu, sebanyak 173 kendaraan telah melakukan pengurusan pengujian kendaraan bermotor. Sedangkan, biaya administrasi pengujian kendaraan bermotor tersebut dikenakan biaya sesuai dengan peraturan daerah (Perda). “Dengan klasifikasi kendaraan berbeda-beda, untuk ketentuan kendaraan mobil penumpang sebesar Rp40.000, kendaraan barang empat roda Rp55.000 sedangkan kendaraan barang enam roda Rp60.000,” ujar Evan.

Sambungnya, saat ini, untuk peningkatan PAD Kabupaten Tobasa dari pengurusan pengujian kendaraan bermotor dari 173 kendaraan tersebut sebesar Rp18.135.750. “Kendaraan yang melakukan pengujian kendaraan bermotor itu rata-rata dari Kabupaten Tobasa, walaupun ada dari kabupaten lain," jelasnya. (vit)

()

Baca Juga

Rekomendasi