ITHLA DPW 1 Gelar SIMBA se-Sumatera

Bahasa Arab Perkaya Khazanah Ajaran Alquran

bahasa-arab-perkaya-khazanah-ajaran-alquran
Medan, (Analisa). Organisasi mahasiswa, ITHLA (Ittihadu Tholabah Allughah Al-Arobiyah) Dewan Pimpinan Wilayah 1 Sumatera membuka rangkaian kegiatan SIMBA (Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab) VII se-Sumatera di aula utama Kampus II UIN-SU Jalan Willem Iskander Medan, Jumat (22/3). 

Wadah silaturahmi ini dinilai mampu menjadi sarana para mahasiswa bahasa Arab di seluruh Tanah Air untuk mengembangkan keilmuan khususnya Alquran dengan bekal kemampuan bahasa Arab. Pertemuan ini diikuti sekitar 300 mahasiswa bahasa Arab se-Sumatera yang berasal dari puluhan kampus Islam dari Aceh hingga Lampung.

Wakil Rektor II UIN-SU, Dr Muhammad Ramadhan, MA dalam sambutan pada pembukaan tersebut menyampaikan, terima kasih kepada para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini. Diharapkan mampu menguatkan silaturahmi dan meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Arab sebagai bahasa yang dinilai mulia yaitu bahasa Alquran, kita suci umat Islam di seluruh dunia. “Bersyukurlah bagi yang bergelur dalam bahasa Arab. Bahasa Arab adalah bahasa kitab suci kita. Mulialah orang-orang yang berkecimpung di dalamnya dan mendapat penjagaan Allah SWT,” ujarnya.

Pada pembukaan itu juga digelar pelantikan para pengurus ITHLA DWP 1 Sumatera. Prosesi pelantikan dipimpin pengurus pusat. Puluhan pengurus untuk wilayah Sumatera yang berasal dari berbagai kampus ini dilantik secara khidmat. Diharapkan mampu meneruskan berbagai program kerja dan kampanye terkait bahasa Arab.

Ketua Umum DPW 1 ITHLA, Nadya Zahratul Jannah menyampaikan, semoga dengan dilantiknya kepengurusan ini bisa merangkul mahasiswa bahasa Arab seluruh Sumatera sebagai wadah untuk untuk mengembangkan dan menguatkan kemampuan berbahasa Arab, khususnya demi tujuan akademis dan pendidikan tinggi hingga nilai-nilai ajaran Alquran. 

Ketua panitia kegiatan, Muhammad Alvin Rusydi menyampaikan, melalui kegiatan ini agar hubungan baik dan berbagi informasi terkait pendidikan bahasa Arab bisa terus ditingkatkan. Walau ia mengeluhkan minimnya bantuan materil atau dana dari pihak kampus, namun ia dan timnya berupaya memberikan hasil optimal pada kegiatan yang melibatkan mahasiswa dari kampus lain ini. “Ini sebagai wadah untuk bertukar pikiran sesama mahasiswa yang berasal dari kampus lain juga sebagai ajang silaturahmi anak negeri. Kita berharap hasil yang optimal dalam kegiatan yang digelar pada 22-24 Maret 2019 di Medan ini,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, rangkaian kegiatan ada dalam acara ini di antaranya, pelantikan pengurus, seminar internasional terkait pendidikan bahasa Arab, berbagai perlombaan seperti debat dalam bahasa Arab. Selain itu juga terdapat lomba kaligrafi, puisi berbahasa Arab hingga nyanyian dan syair dengan ciri khas Arab.

Turut hadir dalam pembukaan itu, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK), Dr H Amiruddin Siahaan, MPd, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Dr Salamuddin, MA, Ketua Umum MHJ PBA Muhammad Turmizi Rangkuti dan segenap pengawai jurusan bahasa Arab UIN-SU. (amad)

()

Baca Juga

Rekomendasi