Wagubsu Berharap Pertumbuhan Ekonomi Sumut Dapat Dipertahankan

wagubsu-berharap-pertumbuhan-ekonomi-sumut-dapat-dipertahankan

Analisadaily (Medan) - Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah atau Ijeck, mengharapkan Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara.

Harapan ini ia sampaikan karena tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Sumut yang sebesar 5,18% sudah berada di atas pertumbuhan ekonomi rata-rata nasional.

"Bahkan dari sisi inflasi, Sumatera Utara cukup stabil dengan 1,23%," ujar Ijeck dalam acara serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dari Arief Budi Santoso kepada Wiwiek Sisto Hidayat di Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provsu, Jalan Balaikota, Medan, Jumat (29/3).

Ijeck menjelaskan, perbankan memiliki peran penting, apalagi Sumut merupakan wilayah yang berbasis ekonomi agri kini mulai memasuki ekonomi perindustrian. Hal itu tidak akan berkembang tanpa peran penting bank sebagai mitra pemerintah.

"Bank salah satu tempat yang penting dalam lingkup pemerintahan, karena bank adalah lokomotif dari sebuah negara atau daerah yang baik," jelas Ijeck.

Masih kata dia, Bank Indonesia beserta jajarannya di Sumatera Utara agar bisa memfasilitasi dan terus meningkatkan fungsi intermediasi perbankan melalui pembiayaan kepada pelaku UMKM.

Sementara Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi mengatakan, kondisi pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara tetap baik dan inflasi tetap berjalan stabil.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di daerah ini didorong sektor pengilahan dan perdagangan besar serta eceran. Begitu pun, Pemprov Sumut perlu melakukan diversifikasi dan pengembangan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Pariwisata adalah sumber pertumbuhan ekonomi baru. Sektor ini juga tidak akan terpengaruh fluktuasi meski pertumbuhan ekonomi melambat.

"Saya harap Pemprov Sumut dapat mendorong akses atraksi amenitas promosi dan pelaku bisnis (3A2P) agar pariwisata Sumut khususnya Danau Toba berkembang," harapnya.

"Kami bangga karena Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu destinasi wisata yang harus kita dorong karena termasuk 10 destinasi wisata prioritas," tuturnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi