Iran-Pakistan Bentuk Pasukan Reaksi Cepat

iran-pakistan-bentuk-pasukan-reaksi-cepat

Jenewa, (Analisa). Presiden Republik Islam Iran, Hassan Rou­hani mengatakan, Teheran dan Isla­mabad memu­tuskan untuk membentuk pa­sukan reaksi cepat guna memerangi te­rorisme di perbatasan.

Khan tiba di Iran untuk membahas isu-isu kea­manan dan regional, lapor TV Iran milik pemerintah, sehari setelah Islamabad mendesak Teheran agar bertindak melawan militan  di balik pembunuhan di propinsi Baluchistan.

Hassan Rouhani Senin (22/4) saat jumpa pers bersama Perdana Menteri Pakistan Imran Khan di Tehran menambahkan, Iran dan Pakistan sepakat meningkatkan kerja sama keamanan di antara mereka.

Hubungan antara Iran dan Pakistan telah merenggang dalam beberapa bulan terakhir, dimana kedua belah pihak saling menuduh  tidak berbuat banyak untuk me­numpas militan yang diduga  ber­lindung di seberang perbatasannya.

Rouhani menilai perunding­an dengan PM Pakistan seba­gai langkah baru di hu­bungan Tehrran-Islamabad. "Kedua negara me­mu­tuskan untuk memperluas hu­bungan ini dan tidak ada negara ketiga yang mampu mempenga­ruhi hu­bung­an ini," papar Rouhani.

Presiden Iran juga mengi­sya­ratkan ka­pasitas Tehran dan Islamabad untuk mem­per­luas kerja sama perdagangan dan ekonomi.

"Iran siap menjamin kebu­tuhan minyak Pakistan, dan mengambil langkah yang di­perlukan terkait penyem­purnaan jalur pipa gas," ungkap Rouhani.

Sementara itu, Imran Khan di jumpa per­s tersebut seraya mengisyaratkan posisi Iran di kawasan Asia Barat menga­takan, Te­heran dan Islamabad mampu memainkan pe­ran berpengaruh dalam mencipta­kan per­damaian dan stabilitas di Afghanistan. (Rtr/es)

()

Baca Juga

Rekomendasi