Hama Grayak Menyerang Tanaman Jagung

hama-grayak-menyerang-tanaman-jagung

Lau Baleng, (Analisa). Ulat grayak merupakan, hama yang menyerang tana­man jagung di Kabupaten Ka­ro. Khususnya di wilayah sen­tra tanaman jagung, seperti di Kecamatan Tigabinanga, Lau Baleng, Mardinding dan dae­rah lainnya.

Serangan hama grayak, merusak pada batang sehingga mengganggu pertumbuhan berdampak pada kuantitas dan kualitas produksi saat panen, ujar petani Desa Perbu­lan, Ke­camatan Lau Baleng, Theo­pilus Sinulaki dan L br Kem­baren (52) kepada wartawan, Selasa (23/4) di per bulan.

Hama grayak sudah men­jadi perhatian serius. Apabila sudah ada tanda-tanda sera­ngan di satu hamparan, harus segera dikendalikan. Jika ti­dak akan terjadi kerusakan je­las pada daun, akibat kerusa­kan pada batang dan dikha­watirkan akan terjadi gagal panen.

Indikasi serangan hama gra­yak bisa terlihat secara kha­sat mata. Kondisi daun tidak seperti biasa, hijau. Jelas ter­lihat ada kerusakan pada pe­lepah daun. Apabila dibiarkan, akan terus berkembang serta akan merusak tanaman jagung secara total dengan cepat, ungkap Theopilus.

Petugas Pengamat Hama Penyakit pada tanaman, Mar­bin Saragih SP yang dikon­firmasi wartawan, Senin (22/4) membenarkan ada  sera­ng­an hama ulat grayak pada ta­naman jagung.

Serangan itu rentan terjadi pada usia tanaman jagung 90-100 hari setelah tanam. Menu­rutnya, serangan ulat grayak harus segera dikendalikan de­ngan cara penyemprotan pes­tisida. Terlebih-lebih sera­ng­an ulat grayak sering juga terjadi pada buah jagung yang masih muda sehingga buah rentan busuk pada tongkol.

“Di Kecamatan Marding­ding, serangan hama ulat gra­yak itu terjadi sekitar 3 hektare pada Februari 2019. Namun saat itu dapat dikendalikan. Untuk saat ini, kerusakan pada tanaman jagung juga faktor kekeringan,” ungkap Marbin Saragih.

Pihaknya  menambahkan, agar petani yang melihat in­dikasi serang­an hama ulat gra­yak, segera berkonsultasi dengan pihak penyuluh Dinas Pertanian dan Perkebunan agar secepat itu juga pe­nyakit tersebut dapat diatasi. (alex)

()

Baca Juga

Rekomendasi