Mantan Wapres AS Joe Biden Nyapres 2020

mantan-wapres-as-joe-biden-nyapres-2020

Washington, (Analisa). Mantan Wakil Presiden Ame­rika Serikat (AS) Joe Biden secara resmi mengumumkan penca­lon­an untuk pemilihan presiden (pilpres) tahun 2020 mendatang.

Pencalonan Biden (76) ini diumum­kan via akun Twitter resminya, Kamis (25/4) yang di­sertai sebuah video ber­durasi 3,5 me­nit. Pe­ngumuman ini juga disam­paikan melalui YouTube dan media sosial lainnya.

Dalam video itu, Biden me­nya­­takan dirinya tidak bisa berdiam diri semen­tara Trump 'secara fundamental meng­ubah karakter bangsa ini'.

"Nilai inti dari bangsa ini... posisi ki­ta di mata dunia... demokrasi kita... semuanya yang menjadikan Amerika Amerika dipertaruhkan,"jelas Biden.

"Itulah alasan saya mengu­mum­kan pencalonan saya seba­gai Presiden AS," tegas Biden.

Dengan pengumuman ini, Biden ber­gabung dengan deretan para politi­kus Partai Demokrat lainnya yang telah men­calonkan diri, seperti Senator Ka­mala Harris dari California, Senator Elizabeth Warren dari Massa­chusetts dan Senator Bernie Sanders dari Vermont politikus independen yang berkaukus dengan Demokrat.

Puluhan politikus Demokrat telah me­ngumumkan maju dalam pilpres 2020 dalam menghadapi Trump yang me­nyatakan juga kembali menca­lon­kan diri.

Seperti diketahui Biden yang sebe­lumnya selama delapan ta­hun menja­bat Wakil Presiden AS pada era Presi­den Barack Obama, memimpin seba­gian besar survei bakal capres di kala­ngan pemilih Demokrat.

Salah satunya survei Real­Clear­Poli­tics yang menempatkan Biden sebagai capres favorit dengan 29,3 persen dukungan, yang diikuti oleh Sanders dengan 23 persen dukungan.

Pengumuman ini disampaikan Biden setelah beberapa bulan terakhir mem­per­tim­bangkan pencalonannya. (Rtr/es)

()

Baca Juga

Rekomendasi