Pada Pertemuan Pertama

Putin dan Kim Berjanji Tingkatkan Hubungan

putin-dan-kim-berjanji-tingkatkan-hubungan

Vladivostok, (Analisa). Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara (Ko­rut) Kim Jong-Un bertemu empat mata untuk pertama kalinya, Kamis (25/4), dengan bersumpah akan mengupayakan hubungan lebih erat ketika mereka meng­hadapi pengaruh Amerika Serikat (AS).

KTT di kota Vladivostok, Rusia Paling Timur diadakan dengan Kim yang terlibat dalam ketegangan nuklir dengan Was­hington dan Putin meng­ajukan Moskow sebaghai pemain dalam masalah global lainnya.

Kedua pemimpin berjabat tangan dan tersenyum ketika mereka bertemu dan membe­rikan pernyataan singkat.

Pertemuan bersejarah antara Putin dan Kim Jong-Un digelar di sebuah ruang konferensi di kompleks Far Eas­tern Federal University Rusia di Vladi­vostok pada Kamis siang waktu setem­pat.

Putin berharap pertemuan ini bisa membahas peningkatan hubungan ekonomi kedua negara. "Terkait hubu­ngan bilateral, kita punya banyak hal yang harus dilakukan untuk memper­kokoh hubungan ekonomi," ujarnya.

Dalam pernyataannya, Kim Jong-Un mengungkapkan ke­inginan­nya un­tuk mengem­bangkan hubungan Korut dan Rusia yang telah terjalin sejak la­ma. Kim Jong-Un tiba di Vladivostok sehari sebelumnya dengan kereta kebanggaannya dari Korut.

Pertemuan antara Putin dan Kim Jong-Un memberikan ke­sempatan bagi Korut untuk mencari dukungan Rusia dan me­ngupayakan pencabutan sank­­­si-sanksi yang melukai pereko­nomiannya.

Sementara bagi Rusia, perte­muan ini menjadi kesempatan untuk menun­jukkan ke dunia bahwa pihaknya juga bisa menjadi pemain diplomatik glo­bal.

Pemimpin Korut itu pada Kamis mengatakan bahwa pu­ncak perte­muan­nya dengan Presiden Vladimir Putin akan membantu mengevaluasi isu semenanjung Korea dan menye­laraskan sikap mereka.

Kim dan Putin bertemu dalam KTT, yang belum pernah terjadi sebelumnya, di Kota Vladivostok di Rusia, tempat Kim akan me­minta dukungan dari pe­mimpin Rusia saat pembicaraan nu­klir antara Korut dan AS tidak me­nentu.

Putin mengatakan kepada Kim bahwa dirinya menyambut upaya Korut untuk meningkatkan hubungan dengan AS. (AFP/es/Ant/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi