Program OK OCE di Sumut

Emil: Akan Buka Lapangan Kerja Seluasnya

emil-akan-buka-lapangan-kerja-seluasnya

Medan, (Analisa). Kordinator Nasional Gerakan One Ke­camatan One Center of Entrepreneurship (OK OCE) Milenial Indonesia, Emil Malik Ibrahim, menyebutkan, gerakan OK OCE di Sumatera Utara (Sumut) akan membuka seluas-luasnya lapangan kerja di Sumatera Utara, dengan mengembangkan warung-warung kecil.

"Ke depan gerakan OK OCE ini untuk mem­besarkan warung-warung kecil yang ada di Sumut. Mudah-mudahan upaya ini menjadi bagian dari upaya membesarkan usaha kecil khususnya warung-warung kecil," kata Emil pada dialog dengan enter­prenuer OK OCE Milenial Indonesia, di se­buah café di Jalan HM Joni, Medan, Kamis (4/4).

Caleg DPR-RI dari Partai Gerindra No­mor Urut 10 Dapil Sumut 1 ini mengatakan, su­dah saatnya warung-warung kecil ber­gerak untuk mewujudkan ekonomi kerak­yat­an.

"Salah satunya bertujuan untuk mengu­rangi pengang­guran, meningkatkan kete­ram­pilan wirausaha dan menciptakan para wirausahawan baru," ucap Emil.

Lebih lanjut, cucu mantan Ketua DPRD Su­matera Utara, Mayjend (Purn) Raja Syah­nan, tersebut mengungkapkan warung-wa­rung kecil di daerah jumlahnya sangat ba­nyak dan menghidupi masyarakat miskin. "Dan salah satu visi misi saya bertekad menciptakan lapangan kerja. Dan salah satunya dengan mengembangkan warung-wa­rung kecil yang ada di Sumut," kata pe­ngusaha muda yang punya hubungan ke­luarga dengan mantan Presiden BJ Ha­bibie tersebut.

Hadir pada kesempatan itu Nur Asia, istri Cawapres No Urut 02 Sandiaga Uno, Ke­tua Umum OK OCE Millineal Indonesia, Rah­­mat Agustiar, Sekretaris Athina, Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, serta Koordinator Daerah Sumut OK OCE Milineal Indonesia, Lia Anwar, dan caleg DPRD Medan dari Partai Gerindra, Hi­dayatTanjung.

Rahmat Agustiar, dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa keberadaan OK OCE bertujuan dalam upaya menggerakan kaum milineal di Sumut menjadi pengusa­ha.

"Jadi, kita dorong orang-orang, khusus­nya anak muda untuk menjadi pengusaha. OK OCE yang digagas cawapres, Sandiaga Uno, bukanlah bentuk usaha, bisnis usaha atau pemberi modal, tapi bekerja sama dengan para mitra dan komunitas wirausaha agar se­luruh Indonesia bisa punya gerakan mem­buka lapangan kerja sebesar-besarnya di Indonesia, khususnya Sumut," ungkap­nya.

Sementara Nur Asia, dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa untuk menjadi en­terprenuer (wirausaha) bukan perkara mu­dah. Akan banyak krikil atau masalah yang akan dihadapi ketika memulai dan men­jalani usaha tersebut. "Bahkan tidak jarang para pelaku usaha yang jatuh bangun ketika menjalankan usahanya," kata wanita cantik yang akrab disapa Mak Nur itu.

Ia mengungkapkan, kalau mau melaku­kan sesuatu, lakukan yang disukai, sesuai hobi dan kerjakan dengan senang hati. “Ka­lau kalah atau bisnisnya jatuh, jangan me­nye­rah, tapi coba lagi," ujarnya.

Istri founder OK OCE itu juga me­nga­takan ketika membangun bisnis, suaminya juga mengalami jatuh bangun. Bahkan ke­tika memulai usaha, surat tanah milik orang­tuanya sampai digadaikan. "Bang Sandi pernah rugi sampai puluhan miliar. Tapi se­mua dihadapi dan dijalani," pungkasnya seraya mengungkapkan Sandiaga Uno di mata Mak Nur adalah sosk yang punya ambisi besar, tekun dan ulet. (rel/rrs)

()

Baca Juga

Rekomendasi