Jogja Mandiri Expo 2019 Obati Kerinduan Masyarakat Medan

jogja-mandiri-expo-2019-obati-kerinduan-masyarakat-medan

Analisadaily (Medan) – Pemerintah Kota Jogjakarta menggelar Jogja Mandiri Expo 2019 di Manhattan Times Square, Jalan Gatot Subroto, Kota Medan, Sumatera Utara. Kegiatan bertajuk ‘Jogja Penuh Pesona’ ini digelar selama 5 hari, yaitu 3 sampai 7 April 2019.

Wali Kota Jogjakarta, Hariyadi Suyuti mengatakan, Jogja Mandiri Expo 2019 ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk mengobati kerinduan orang Medan yang pernah dan ingin ke Jogjakarta. Sebaliknya, bagi orang Jogjakarta yang pernah dan ingin ke Medan.

“Kita sekarang hadir di Medan. Dahulu, bahkan sampai sekarang banyak orang Medan sekolah di Jogjakarta, dan sekarang sudah jadi pejabat, sudah jadi pengusaha. Ini kita hadir di sini,” kata Hariyadi, Jumat (5/4).

Menurutnya, dahulu perjalanan dari Jogjakarta ke Medan begitu juga sebaliknya sulit, sebab jika menggunakan pesawat terbang harus transit dulu di Jakarta atau kota lainnya. Sekarang sudah ada penerbangan langsung, dan ini harus dimanfaatkan.

“Kemudahan mencapai destinasi ini, kita hadir di Medan. Sebaliknya, kami berharap Medan hadir di Jogja. Ini adalah hubungan antara dua kota, yang tentu ujungnya adalah manfaat untuk warga masyarakat. Sambil belajar,” sebutnya.

Disebutkan Hariyadi, saat ini yang namanya industri pariwisata, termasuk fashion, kuliner, sudah bersifat global. Jika berbicara Indonesia, tidak lagi Medan dan Jogjakarta saja, karena bersifat destinasi wisata.

“Orang yang ke Jogjakarta kita ajak ke Medan, dan orang yang ke Medan kita ajak ke Jogjakarta. Sekarang Medan-Jogjakarta hanya memiliki jarak tempuh kurang lebih sekitar 2,5 jam,” sebutnya.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi Jogja Mandiri Expo 2019. Dirinya berharap, bagi warga Medan dapat menggali potensi yang ada di Kota Jogjakarta untuk bisa saling tukar informasi.

“Misalnya informasi tentang batik dan UMKM yang ada di Kota Jogjakarta. Nantinya bisa saling kolaborasi dengan pengrajin kita atau UMKM Kota Medan,” ujarnya.

Disinggung mengenai kegiatan balasan, Eldin mengaku, pihaknya akan memprogramkan untuk tahun depan (2020). “Insya Allah tahun depan kita programkan akan buat kegiatan balasan di Kota Jogjakarta,” ungkapnya.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dan Wali Kota Jogjakarta, Hariyadi Suyuti.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dan Wali Kota Jogjakarta, Hariyadi Suyuti.

Program Pemerintah Kota Jogjakarta

Kepala Bidang (Kabid) Usaha Mikro Dinas Koperasi, UKM, Nakertrans Kota Jogjakarta, Rihari Wulandari mengatakan, dalam kegiatan bertajuk ‘Jogja Penuh Pesona’ ini pihaknya menghadirkan produk-produk dari 35 pelaku UMKM asal Kota Jogjakarta.

“Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kota Jogjakarta. Di Medan, kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari, yaitu 3 sampai 7 April 2019,” kata Rihari.

Dijelaskannya, alasan memilih Manhattan Times Square Medan sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini dikarenakan pihaknya sudah terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Medan.

“Dan pilihannya di sini,” ujarnya.

Rihari menyebut, sebanyak 35 pelaku UMKM yang dibawa dari Kota Jogjakarta terbagi dalam berbagai produk, seperti kuliner, fashion, dan handy craft (kerajinan tangan). Selain menghadirkan 35 pelaku UMKM dari Kota Jogjakarta, pihaknya juga menyediakan 5 stand untuk pelaku UMKM Kota Medan. Untuk tahun 2019, kegiatan ini hanya dilaksanakan di Medan dan Banjarmasin.

“Untuk Banjarmasin kita laksanakan bulan September. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, jadi hanya dua kota yang kita laksanakan kegiatan ini,” Rihari menandaskan.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi