Piala Sudirman

Sempat Tertinggal, Indonesia Lolos ke Semifinal

sempat-tertinggal-indonesia-lolos-ke-semifinal

Nanning, (Analisa). Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menyelamatkan Indo­nesia ke babak semifinal Piala Sudirman 2019. Kemenangan Praveen/Melati membuat Skuat Merah Putih menyingkirkan Taiwan 3-2.

Sebelumnya, Indonesia tertinggal 1-2 dari Taiwan. Dua tunggal Merah Putih, Jonatan Christie dan Gregoria Mariska Tunjung kalah.

Tampil dalam partai kelima di Guangxi Sports Centre Gymnasium, Jumat (24/5), Praveen/Melati memetik kemenangan atas Wang Chi-Lin/Hsieh Pei Shan. Praven/Melati menutup laga dengan skor 21-17, 21-15.

Praveen/Melati tampil saat Indonesia im­bang 2-2 dengan Taiwan. Gresyia Polii/Apriyani Rahayu yang membuka lagi peluang Indonesia untuk menda­patkan tiket babak empat besar.

Poin pertama didapat Indonesia dari laga pertama. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Di babak semifinal, Indonesia sudah ditunggu Jepang. Tim Negeri Matahari Terbit itu telah memastikan tempat di semifinal lebih dulu usai mengalahkan Malaysia 3-0.

Manajer tim Indonesia, Susy memang sudah memprediksi poin Indonesia dari sektor ganda. Tapi, ia menyoroti permainan Gregoria dan Jonatan yang tak memuas­kan.

"Untuk hari ini seperti yang kemarin prediksikan, bahwa kans terbesar kita di ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Tapi kita juga berusaha untuk mencuri poin di tunggal putra dan putri," ujar Susy yang ditemui di Guangxi Sports Centre Gymnasium usai pertandingan.

"Tunggal putri tadi ramai ya, Gregoria bisa melawan, tapi fighting-nya dan 'joroknya' harus dikurangi lagi. Itu yang jadi penilaian, bagaimana Gregoria mainnya harus lebih apik lagi, bola-bola dia menyusahkan lawan, harus lebih safe, lebih tahan, dan lebih berani," ujar dia.

"Secara kelas Gregoria me­mang kalah (dari Tai Tzu Ying), tapi paling tidak lebih bisa maksimal lagi. Karena kalau lihat dari permainan Gregoria banyak menekan lawan juga. Secara teknik sebetulnya tidak kalah, tapi memang error-nya itu yang masih harus diperbaiki," Susy menam­bahkan.

Susy mengevaluasi penampilan Jonatan secara khusus.

"Untuk Jonatan, hari ini, mainnya di bawah performa. Kami juga tidak menyangka mainnya seperti itu

"Tapi, secara keseluruhan semua atlet sudah berusaha. Untuk ganda campuran, mereka tampil luar biasa. Mereka juga tahu kalau mereka adalah 'pa­garnya' kita, andalannya kita, dan mereka menye­lesaikan tugas dengan sebaik-baiknya," dia mengucapkan.

Hasil pertandingan:

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Lee Yang/Wang Chi-Lin 21-17, 21-17

Gregoria Mariska Tunjung vs Tai Tzu Ying 16-21, 14-21

Jonatan Christie vs Chou Tien Chen 11-21, 13-21

Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Pai Yu Po/Wu Ti Jung 21-13, 21-7

Praveen Jordan/Melati Daeva Okta­vianti vs Wang Chi-Lin/Hsies Pei Shan 21-17, 21-15. (dtc)

()

Baca Juga

Rekomendasi